Tips Supaya Ginjal Tetap Sehat

doktersehat-ginjal

DokterSehat.Com– Ginjal merupakan salah satu organ utama dalam tubuh yang terletak dalam sistem kemih dan berfungsi sebagai penyaring alami terhadap darah. Selain berfungsi untuk membuang racun dan cairan berlebih dari tubuh, ginjal juga menjaga keseimbangan garam dan mineral dalam darah, sehingga salah satu fungsinya adalah membantu mengatur tekanan darah.

Untuk itulah, kenapa sangat penting untuk menjaga kesehatan ginjal kita. Menjaga ginjal agar tetap sehat akan membuat ginjal bisa melayani kehidupan Anda lebih lama dan tetap sehat.

Berikut tips untuk menjaga ginjal tetap sehat:

Olahraga

Tidak ada cara lain yang membuat fungsi ginjal tetap baik yakni olahraga.

Tes medis

Pemeriksaan medis secara rutin setelah usia 30 tahun baiknya dilakukan. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pastikan bahwa ginjal berfungsi dengan baik. Perhatikan pula bila Anda memiliki riwayat keluarga penyakit ginjal.

Control diet

Sebisa mungkin, konsumsi makanan yang dimasak tanpa pengawet dan makanan kemasan.

Jaga tekanan darah

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Oleh sebab itu, pemeriksaan dini ginjal bila tekanan darah tidak stabil perlu diperhatikan.

Jaga gula darah

Begitu juga dengan gula darah, sebab kesehatan ginjal erat kaitannya dengan diabetes.

Banyak minum air putih

Mengonsumsi banyak air minum dapat membuat ginjal bekerja dengan baik.

Berhenti merokok

Merokok dapat memperlambat aliran darah ke ginjal yang dapat menyebabkan gagal ginjal.

Tidak sering mengonsumsi obat-obatan

Jika Anda pernah harus mengambil obat apapun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Karena Anda bukan dokter yang tidak pernah tahu apa efek samping dari obat tersebut.

BACA JUGA : Bahaya Penggunaan Pengharum Ruang Bagi Kesehatan