Terbit: 7 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Asam urat yang tinggi pada tubuh menyebabkan persendian jadi sakit. Kondisi ini tentu mengganggu aktivitas harian termasuk saat bercinta. Kalau asam urat terus muncul dan sering kambuh, Anda tentu akan susah saat berhubungan badan. Bahkan, keinginan untuk berhubungan badan bisa saja anjlok karena rasa sakit membuat seks jadi tidak maksimal.

Tips Seks yang Nyaman untuk Penderita Asam Urat

Kalau Anda masih ingin mendapatkan seks yang hebat meski asam urat sering kambuh, coba terapkan beberapa tips bermanfaat di bawah ini.

1. Lakukan konsultasi terlebih dahulu

Lakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum melakukan seks dengan pasangan. Dokter biasanya akan memberikan obat yang bisa menurunkan rasa nyeri pada tubuh seperti paracetamol, aspirin, atau ibuprofen. Selain obat nyeri dokter juga akan memberikan obat yang digunakan untuk menyembuhkan asam uratnya agar efek sampingnya tidak muncul.

2. Jangan pasif

Seseorang yang asam uratnya sering naik biasanya lebih pasif dan tidak mau melakukan apa-apa. Hanya diam dan menikmati rasa sakit justru membuat tubuh jadi kaku. Kondisi ini bisa menyebabkan Anda susah melakukan seks dengan pasangan.

Cobalah untuk berolahraga secara rutin. Tidak perlu dengan intensitas tinggi seperti di tempat gym. Cukup jalan kaki atau lari pagi atau sore. Tubuh yang bergerak akan membuat efek asam urat jadi menurun. Dampaknya, seks bisa berjalan dengan lancar.

3. Lakukan seks secara rutin

Seks bisa meringankan rasa sakit yang muncul di persendian. Lakukan seks dengan lebih rutin, misal seminggu 2-3 kali agar tubuh terbiasa melakukannya.

4. Pilih posisi seks yang tepat

Pilih posisi atau gaya seks yang cocok untuk tubuh. Kalau tubuh sering mengalami asam urat jangan pilih gaya-gaya yang ekstrem. Coba pilih gaya sederhana seperti spooning, missionary, atau woman on top.

Demikianlah sedikit ulasan tentang seks pada penderita asam urat. Semoga bermanfaat!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi