7 Tips Tetap Sehat Saat Musim Flu dan Pilek

musim-flu-dan-pilek-doktersehat

DokterSehat.Com – Awal tahun merupakan saat paling krusial kalau hidup di negara tropis seperti Indonesia. Negara dengan dua musim memasuki musim hujan dengan intensitas tinggi. Nah, pada musim ini peluang terjadi flu dan pilek sangat tinggi.

Kalau Anda ingin hidup sehat dan bebas flu setiap saat, menjaga daya tahan harus dilakukan. Selain itu, lakukan juga beberapa tips di bawah ini setiap hari. Dengan begitu Anda tidak akan mengalami gangguan saat bekerja atau olahraga.

Perbedaan flu dan pilek

Selama ini kita selalu menganggap kalau flu dan pilek adalah hal yang sama. Padahal keduanya adalah dua hal yang berbeda meski gejalanya hampir sama yaitu badan tidak nyaman dan membuat Anda bersin berkali-kali.

Secara umum kalau Anda mengalami pilek beberapa gejala di bawah ini akan muncul.

  • Hidung akan sering berair. Kadang-kacang airnya akan keluar meski tidak kental seperti ingus.
  • Tenggorokan terasa sangat sakit meski hanya digunakan untuk menelan air.
  • Sering bersin apalagi udara di sekitar sangat dingin.
  • Batuk berkali-kali meski tidak seintens bersin.
  • Sakit kepala atau nyeri di beberapa bagian kepala dengan intensitas rendah ke sedang. Kalau sudah parah bisa cukup tinggi.
  • Rasa lelah ringan akan muncul dan hilang saat Anda beristirahat.

Kalau Anda mengalami flu, gejala di bawah ini yang akan muncul.

  • Batuk berkali-kali dan biasanya kering. Jarang sekali memiliki dahak.
  • Demam dengan intensitas rendah hingga tinggi. Semakin rendah daya tahan tubuh seseorang, semakin tinggi demamnya.
  • Tenggorokan sakit sama dengan pilek.
  • Tubuh akan terasa dingin meski demam. Kondisi meriang ini juga disertai dengan tubuh yang menggigil.
  • Beberapa bagian tubuh dan otot terasa sangat nyeri.
  • Sakit kepala cukup intens saat demam muncul. Dengan istirahat sebentar, rasa sakitnya jarang hilang.
  • Hidung akan mengeluarkan lendir. Biasanya ingus yang keluar lebih kental.
  • Rasa lelah berlebihan dan biasanya akan berlangsung selama 2 minggu.
  • Mual dan muntah, biasanya terjadi pada anak-anak.

Tips menjaga tubuh saat musim flu dan pilek

Saat musim hujan memasuki puncaknya, udara akan cenderung rendah setiap saat. Kondisi ini bisa menyebabkan masalah karena daya tahan tubuh mudah sekali turun dan memunculkan flu dan pilek.

Kalau Anda ingin selalu sehat meski sedang musim flu dan pilek, lakukan beberapa tips di bawah ini.

  1. Tubuh selalu terhidrasi

Daya tahan tubuh akan menurun dengan cepat kalau mengalami dehidrasi. Oleh karena itu selalu penuhi kebutuhan air harian sebanyak 1,5-2 liter setiap hari. Hanya konsumsi air putih saja, bukan air dengan tambahan gula.

Kalau Anda tidak bisa menghabiskan langsung 2 liter setiap hari tidak masalah. Lakukan latihan setiap hari. Misal setelah bangun tidur satu gelas, setiap 2-3 jam sekali juga satu gelas. Lama-lama akan terbiasa.

  1. Frekuensi makan ditambah

Daya tahan tubuh akan meningkat kalau metabolisme terus berjalan tanpa berhenti. Untuk menyiasati hal ini Anda bisa makan sebanyak 5-6 kali sehari dengan porsi yang lebih sedikit.

Misal saat sarapan Anda tetap makan dengan porsi penuh. Selanjutnya makan siang dan malam dibagi menjadi masing-masing dua porsi. Dengan cara ini metabolisme akan terjaga dengan baik.

Perbanyak buah dan sayur kalau Anda ingin lebih sehat. Jus atau smoothies juga bisa dikonsumsi sebagai pengganti makan asal dalam satu hari kalorinya tidak mengalami surplus.

  1. Tidur yang cukup dan berkualitas

Tidur adalah aktivitas yang dianggap paling mudah dilakukan. Namun, tidak semua orang bisa melakukannya dengan baik. Bahkan beberapa orang ada yang mudah mengalami insomnia sehingga kualitas dan kuantitas jam tidur jadi menurut.

Dalam satu hari orang dewasa disarankan tidur selama 7-9 jam. Kalau Anda bisa memenuhi kebutuhan itu, kemungkinan terjadi flu dan batuk akan rendah. Tubuh yang bisa tidur maksimal daya tahannya akan terjaga.

  1. Lebih banyak berolahraga

Daya tahan tubuh juga bisa meningkat kalau Anda mau melakukan olahraga secara rutin. Meski sedang hujan, Anda bisa tetap berolahraga di dalam rumah seperti sit-up, push-up, atau sejenisnya. Kalau ada member gym, manfaatkan juga meski hanya 30 menit.

  1. Menjaga sanitasi tangan

Jaga sanitasi dari tangan setiap saat. Sebisa mungkin segera mencucinya bila menyentuh sesuatu. Gunakan selalu hand sanitizer kalau ingin memegang wajah. Virus bisa menempel di tangan dan akhirnya terbawa ke hidung kalau Anda menyentuh wajah secara langsung.

  1. Selalu gunakan masker

Saat berada di luar ruangan, selalu gunakan masker. Dengan menggunakan masker, peluang Anda mengalami flu dan pilek akan rendah. Apalagi kalau di sekitar Anda ada banyak yang sudah terlanjur terinfeksi.

  1. Mengonsumsi makanan yang sehat

Tidak bisa dimungkiri lagi kalau salah satu penyebab flu dan pilek adalah daya tahan tubuh yang anjlok. Nah, masalah daya tahan ini sering sekali diabaikan oleh banyak orang. Akibatnya virus mudah sekali masuk dan menginfeksi dengan masif.

Memasuki musim sakit, yang bisa Anda lakukan adalah mengonsumsi makanan yang lebih bergizi setiap hari. Usahakan makanan dengan kandungan vitamin C diperbanyak agar tubuh mampu melawan radikal bebas dengan cepat.

Hindari mengonsumsi makanan cepat saji atau gorengan. Lebih baik Anda mengolah makanan sendiri di rumah dan membawa bekal untuk kerja.

Menjaga daya tahan memang kunci dari memiliki tubuh yang sehat dan kuat. Namun, pola makan dan gaya hidup juga sangat menentukan. Oleh karena itu selalu jaga kondisi tubuh agar selalu berada pada kondisi terbaiknya. Dengan begitu produktivitas Anda saat musim sakit tidak menurun.