Heboh Susu Formula Bikin Bayi Sakit, Ini 4 Cara Aman Pilih Susu Anak!

Susu-formula-bayi-sakit-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/nerissa’s ring

DokterSehat.Com– Berita mengejutkan datang ketika ratusan keluarga di Inggris melaporkan bahwa anaknya yang masih bayi tiba-tiba jatuh sakit setelah mengonsumsi salah satu produk susu formula bayi keluaran salah satu industri makanan terbesar di Eropa.

Produk susu formula tersebut disinyalir jadi salah satu penyebab kondisi kesehatan anak mereka menurun.

Mendapatkan laporan dari cukup banyak konsumennya, pihak industri yaitu Danone, dikutip dari Reuters, menyebutkan bahwa beberapa produk susu formula, dengan merek jual Aptamil, yang dilaporkan adalah susu formula yang baru saja mendapatkan perubahan beberapa formulasi dan komposisi baru.

www.flickr.com/ Lisa Pinehill

Pihak industri yang memproduksi susu kemudian melakukan investigasi mendalam tentang perubahan komposisi dan formulasi pada produk susu formula tersebut.

Tampilan fisik susu formula yang tidak pada umumnya

Awalnya, komposisi dan formulasi baru, dicanangkan dapat memberikan manfaat yang sama, bahkan lebih baik, untuk asupan gizi harian anak.

Sayangnya, laporan justru menyebutkan bahwa susu dengan formulasi baru tersebut justru memiliki tampilan fisik, bau dan respon tubuh anak yang mengkhawatirkan setelah dikonsumsi oleh anak saat dipasarkan.

Hal ini ditunjukkan dengan pengakuan beberapa orang tua yang menyebutkan bahwa susu dengan merek yang sama dan masih memiliki kuantitas yang baik, memiliki perubahan produk.

susu-bubuk-doktersehat
Photo Credit: Kaboompics via Pexels

Dimana susu tersebut nampak menggumpal dan meninggakan sisa lemak saat dicairkan, memiliki bau yang tidak seperti susu pada umumnya, dan tampilannya bahkan disebut seperti susu yang telah dibuat sehari sebelumnya.

Respon atau reaksi anak setelah mengonsumi susu tersebut juga mengkhawatirkan yaitu anak menjadi sakit, salah satu adalah mengalami diare.

Pihak pemroduksi susu menyebukan bahwa kini mereka sedang melakukan uji klinis kembali pada produk dengan formulasi terbarunya tersebut.

Mereka menyebutkan bahwa kualitas dan jaminan keamanan produk keluaran industrinya merupakan prioritas utama. Akan tetapi, sebagian besar keluarga masih belum bisa atau sedang beradaptasi dengan formulasi baru susu tersebut.

Tips sehat memilih susu formula untuk anak

Berita di atas tentu saja mengkhawatirkan, ya. Hal ini tentu bukan tidak mungkin bisa jadi di banyak negara dan tempat.
Untuk mencegah hal tersebut, kita tentu harus cermat memilih susu formula yang berkualitas untuk anak, yaitu dengan:

1. Memerhatikan kandungan gizi yang sesuai kebutuhan anak

Sebagian besar susu formula memiliki komposisi gizi utama yang sama, yaitu protein dan lemak.

Anda bisa memerhatikan pula kandungan gizi, yaitu vitamin dan mineral, yang ada pada susu formula yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan gizi harian anak.

2. Pertimbangkan kandungan gizi unggulan pada susu

Susu formula dapat dilengkapi dengan kandungan zat penting tambahan, yaitu zat besi, probiotik dan prebiotik, serta AA dan DHA.
doktersehat-belanja-makanan-kemasanZat tersebut juga bisa Anda pertimbangkan saat memilih susu formula karena dapat mendukung tumbuh kembang anak yang optimal.

3. Pastikan tampilan fisik produk selalu baik saat akan menyajikan susu

Meskipun susu tersebut telah sering Anda berikan, usahakan Anda selalu mengecek tanggal kedaluwarsa dan tampilan fisik susu, berupa tekstur, bau, atau rasa.

Perhatikan pula tampilan fisik susu saat dicampur dengan air pastikan tidak ada gumpalan lemak atau menimbulkan bau yang tidak wajar, ya.

4. Perhatikan reaksi tubuh anak

Meskipun kandungan gizi susu dan tampilan produk juga sudah Anda pastikan, tetap perhatikan pula bagaimana reaksi tubuh anak.doktersehat-anak-kecil-minum-susu-gizi-nutrisi-bayi-balita

Jika anak menjadi rentan diare atau muntah, maka lebih baik Anda berkonsultasi dengan tenaga kesehatan untuk pemberian jenis susu yang baik untuk anak, ya.