Terbit: 6 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Lebaran identik dengan kata “mudik” atau pulang ke kampung halaman. Banyak orang yang tinggal di kota, berbondong-bondong untuk pulang ke kampung halaman agar bisa merayakan hari kemenangan bersama keluarga tercinta. Biasanya, mereka mudik dengan mengendarai kendaraan pribadi ataupun dengan moda transportasi umum.

Tips Sehat Mudik agar Terhindar dari Dehidrasi dan Lelah

Mudik Sehat Tanpa Lelah dan Dehidrasi

Jarak tempuh yang cukup jauh saat mudik tentu membuat tubuh menjadi lelah, bahkan mengalami dehidrasi. Dehidrasi bisa diatasi dengan cara minum air putih yang cukup, tapi jika Anda berpuasa, maka Anda tidak bisa mencukupi air selama perjalanan.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk menghindari dehidrasi saat mudik, di antaranya:

1. Buah-Buahan

Tidak perlu diragukan lagi jika buah-buahan memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain bisa membuat tubuh tetap sehat dan bugar, buah-buahan juga mampu menghidrasi tubuh.

Pilihlah buah yang mengandung air tinggi seperti melon, semangka, buah pir atau apel. Konsumsi buah tersebut di saat sahur dan berbuka agar tubuh terhidrasi lebih lama terutama saat dalam perjalanan mudik.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

2. Sayuran

Tidak lengkap rasanya jika makan buah-buahan tanpa sayur. Sayuran juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Ketika Anda ingin mudik, cobalah untuk mengonsumsi sayuran lebih banyak, seperti brokoli, mentimun, dan sayuran mengandung air lainnya agar tubuh Anda tetap terhidrasi selama mudik. Usahakan mengonsumsinya dalam jumlah banyak saat sahur.

3. Air Kelapa Muda

Selain air putih, air kelapa juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Air kelapa bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang. Selain itu, Air kelapa juga bisa berfungsi menghilangkan racun di dalam tubuh karena kandungan antioksidannya.

Kandungan air dan nutrisi yang terdapat di dalam air kelapa membuat minuman ini cocok sebagai pencegah dehidrasi. Sayangnya, air kelapa hanya mampu mengatasi dehidrasi ringan dan sedang saja.

Jika Anda ingin tetap berpuasa selama mudik, cobalah untuk minum air kelapa pada saat sahur dan berbuka agar cairan yang hilang bisa segera digantikan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi