Terlanjur Suka Susu Kental Manis? Begini Tips Sehat Mengonsumsinya

kandungan-susu-kental-manis-doktersehat

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang sudah terlanjur suka mengonsumsi susu kental manis setiap hari. Tak hanya dijadikan minuman hangat yang disukai oleh anak-anak, susu kental manis juga seringkali dijadikan campuran makanan tertentu. Sayangnya, belakangan ini susu kental manis dianggap sebagai bahan makanan yang kurang bergizi dan tinggi akan gula sehingga dianggap kurang sehat bagi tubuh.

Lantas, bagaimana jika kita sudah kadung terbiasa mengonsumsinya? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa susu kental manis aman untuk dikonsumsi meskipun memang kita harus membatasi konsumsinya. Sebagaimana kita ketahui, kandungan gulanya sangat tinggi sehingga sangat tidak cocok untuk dikonsumsi hingga berkali-kali setiap sehari.

Pakar kesehatan lebih menyarankan kita untuk mengonsumsinya sebagai topping atau campuran makanan saja, bukannya dijadikan sebagai minuman yang seperti susu, apalagi jika minuman ini masih ditambahkan dengan gula.

Cara lain yang bisa kita lakukan agar aman mengonsumsi susu kental manis adalah dengan memilih susu kental manis dengan label rendah lemak. Kita bisa mendapatkan susu kental manis dengan jenis ini dengan cara mengecek nilai gizi di kemasannya. Cobalah bandingkan setiap jenis susu kental manis yang kita beli dan pilihlah yang nilai gula dan lemaknya paling rendah.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk membatasi konsumsi susu kental manis sekitar 1 hingga 4 sendok makan saja setiap hari. Selain itu, makanan atau minuman dengan bahan susu kental manis sebaiknya tak lagi diberi tambahan gula.

Demi mendapatkan tubuh yang sehat, pastikan untuk mengonsumsi makanan dengan kadar gizi yang seimbang dan tidak melupakan asupan sayur dan buah-buahan. Hindari asupan camilan, makanan, dan minuman yang manis dengan berlebihan. Selain itu, pastikan untuk mencukupi kebutuhan air putih setiap hari. Jika ingin mengonsumsi susu, akan lebih baik jika kita mengonsumsi susu segar atau susu pasteurisasi yang jauh lebih sehat.