Mudah, Ini 4 Cara Minum Susu Kambing agar Makin Berkhasiat!

doktersehat susu whey
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com– Apakah Anda penggemar susu kambing? Selain susu sapi, susu kambing merupakan salah satu susu hewani yang paling populer dan kini sudah semakin mudah diperoleh.

Hal ini tentu saja beriringan pula dengan berbagai informasi terkait kandungan gizi dan manfaat yang luar biasa pada susu kambing, mulai dari khasiatnya pada stamina tubuh, kesehatan, hingga kecantikan.

Susu kambing, menjadi pilihan alternatif pengganti susu hewani yang makin banyak dipilih. Akan tetapi, sudah tahukah Anda bagaimana cara sehat mengonsumsi susu kambing?

Kandungan gizi pada susu kambing

Berdasarkan data dari US Departement of Agriculture, susu kambing memiliki kandungan zat gizi, berupa protein, vitamin, yaitu vitamin D, dan mineral, utamanya mineral kalsium, yang lebih tinggi dari susu hewani lain, termasuk susu sapi.

Photo Credit: Flickr.com/ Andrew Magill

Hal ini membuat konsumsi susu kambing dalam porsi yang lebih sedikit, bisa memberikan asupan zat gizi dan khasiat yang sama baiknya dengan susu hewani lainnya, dalam jumlah yang lebih banyak.

Artinya, susu kambing memiliki kandungan gizi yang lebih padat ketimbang susu hewani lain yang juga cukup populer, misalnya susu kuda.

Lantas, mengapa kita perlu memerhatikan cara yang sehat saat mengonsumsi susu kambing?

Sayangnya, meskipun susu kambing merupakan susu yang padat gizi, kita juga tidak bisa asal dalam mengonsumsinya.

Hal ini disebabkan, kandungan lemak yang ada pada susu kambing adalah yang paling tinggi diantara susu hewani lainnya, termasuk jika dibandingkan dengan susu sapi.

Kondisi ini tentu penting diperhatikan, mengingat susu adalah bahan makanan hewani, sehingga kandungan lemak yang ada di dalamnya adalah lemak jenis lemak jenuh.

Lemak jenuh yang tidak dikontrol jumlahnya dapat menyebabkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh menjadi meningkat dan tentu dapat meningkatkan kadar lemak dalam tubuh.

Anda tentu tidak mau bukan konsumsi susu yang bertujuan untuk menyehatkan tubuh justru membawa dampak yang negatif?

Cara sehat mengonsumsi susu kambing

Mengingat kandungan lemaknya yang tinggi, berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan agar konsumsi susu kambing bisa lebih sehat:

1. Membatasi porsi saat minum susu kambing

Kandungan lemaknya yang tinggi membuat porsi konsumsi susu kambing, utamanya dalam bentuk segar, sebaiknya Anda batasi.

Caranya adalah dengan mengonsumsi maksimal 2 porsi, setara dengan 180-200 ml, susu kambing dan perhitungkan sebagai salah satu bahan makanan yang telah memenuhi kebutuhan protein hewani harian Anda.

Meskipun susu kambing telah terbukti memiliki banyak khasiat, namun mengonsumsinya berlebihan bisa jadi membuat asupan lemak tubuh dalam sehari berlebihan, apalagi jika konsumsi makanan berlemak lainnya dalam satu hari tidak dibatasi porsinya.

2. Memilih susu kambing bubuk yang rendah lemak

Photo Credit: Kaboompics via Pexels

Memilihi susu kambing dalam bentuk bubuk, bisa menjadi alternatif agar asupan lemak dari susu kambing tidak berlebihan.

Anda bisa memilih susu kambing bubuk yang rendah lemak. Hal ini tentu sangat efektif menekan asupan lemak yang tinggi pada susu kambing, namun tetap bisa merasakan manfaat kandungan gizi yang maksimal pada susu kambing.

3. Mengonsumsi susu kambing sebagai tambahan atau campuran makanan lain

Selain membatasi porsi, Anda bisa menggunakan susu kambing segar hanya sebagai campuran minuman atau makanan, misalnya jus, smoothie, teh, kopi, atau bahan tambahan kue kering.

Hal ini juga bisa memberikan manfaat yang maksimal namun dengan porsi dan takaran lemak yang lebih terkontrol.

4. Tidak mengonsumsi susu kambing dengan makanan berlemak

Susu kambing kerap dijadikan minuman setelah makan utama maupun minuman di sela waktu makan atau saat camilan.

Hindari mengonsumsi susu kambing bersamaan dengan makanan atau camilan berlemak, misalnya lauk yang digoreng atau camilan yang digoreng, hal ini akan menyebabkan kemungkinan peningkatan asupan lemak menjadi lebih besar, karena susu kambing juga sudah memiliki kandungan lemak yang tinggi.