Tips Sehat Memesan Kopi di Kafe

minum-kopi-doktersehat.jpg
Photo Source: Flickr/bradleypjohnson

DokterSehat.Com– Kopi kini telah menjadi salah satu minuman yang digemari oleh banyak orang, khususnya anak muda. Kopi yang dibuat di kafe bahkan dianggap sebagai salah satu pelengkap gaya hidup sehari-hari. Sayangnya, kopi yang dijual di kedai belum tentu sehat. Terkadang, ada kandungan gula atau tambahan krim yang bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita.

Tips memilih kopi yang sehat

Pakar kesehatan menyebut kopi sebenarnya mampu membantu mencegah datangnya penyakit hati, kanker, hingga stroke. Hanya saja, karena diberi tambahan bahan lainnya, kopi bisa jadi akan menyebabkan kenaikan risiko diabetes, obesitas, dan masalah kolesterol.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat memesan kopi.

  1. Memilih kopi hitam

Kopi hitam dikenal luas memiliki rasa yang masih pahit. Harganya juga cenderung lebih murah dibandingkan dengan kopi lainnya. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya bahan tambahan seperti gula, sirup, atau bahkan krimer. Bahan-bahan tambahan inilah yang menurunkan manfaat kopi sekaligus membuat risiko terkena beberapa jenis penyakit bisa meningkat.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk memilih kopi berjenis espresso shot atau Americano baik itu yang panas ataupun dingin.

  1. Jangan sembarangan memilih susu

Kopi yang dicampur dengan susu memang bisa memberikan kenikmatan lebih. Hanya saja, kita juga harus memastikan bahwa susu yang digunakan bukan sembarangan. Sebagai contoh, jika kopi ditambah dengan susu kental manis, maka kita akan mendapatkan asupan gula yang sangat tinggi. Hal ini tentu akan membuat kita lebih rentan mengalami kenaikan berat badan atau lonjakan gula darah setelah mengonsumsinya.

Sebaiknya kita memastikan bahwa susu yang dipakai adalah susu rendah lemak atau low-fat. Bahkan, jika pembuat kopi memakai susu kedelai, maka hal ini akan jauh lebih baik bagi kondisi kesehatan tubuh.

  1. Ganti gula dan sirup dengan bahan lain

Meskipun bisa membuat rasa kopi menjadi lebih manis dan nikmat, gula dan sirup bisa memberikan dampak kurang baik bagi kesehatan tubuh mengingat tingginya kadar kalori dan gula di dalamnya. Pastikan bahwa kopi yang kita pesan tidak memiliki kedua kandungan ini. Jika memang kita diberi gula secara terpisah, kita sebaiknya menyiapkan madu murni, kayu manis bubuk, atau kacang almond bubuk sebagai pengganti gula tersebut demi membuat kopi tetap memiliki rasa yang manis.

  1. Tidak memilih kopi dengan whipping cream

Memang, kopi yang diberi tambahan whipping cream akan memiliki rasa yang lebih nikmat, namun di setiap 50 gram krim ini terdapat 130 kalori serta lemak sebanyak 10 gram. Mengonsumsinya tentu akan membuat kita mengonsumsi kalori dan lemak dalam jumlah yang cukup tinggi. Hal ini tentu bisa memberikan dampak kurang baik bagi kesehatan tubuh.

  1. Jangan berlebihan

Meskipun kopi memang memiliki rasa yang nikmat, sebaiknya kita tidak mengonsumsinya dengan berlebihan. Sebagai contoh, kita sebaiknya mengonsumsinya maksimal 1 atau 2 cangkir saja setiap hari. Jika kopi yang kita pesan adalah kopi manis dengan tambahan bahan lainnya, sebaiknya kita batasi konsumsinya menjadi sesekali saja.

  1. Memilih minuman lain

Tak ada salahnya mencoba minuman lain jika memang pilihan kopi yang disediakan di kedai hanyalah kopi yang manis atau dicampur bahan lainnya. Kita bisa mengonsumsi cokelat panas atau teh yang tak kalah nikmatnya dan juga tinggi kandungan nutrisi dan bisa mencegah datangnya hipertensi atau penyakit jantung koroner. Hanya saja, pastikan bahwa minuman-minuman ini juga tidak diberi bahan tambahan seperti gula yang tentu tidak sehat.