Terbit: 2 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda sedang berencana makan di restoran all you can eat? Atau mungkin sedang ada jamuan makan di pernikahan atau acara tertentu? Wah, kalau tidak hati-hati diet Anda bisa gagal karena tergoda saat Anda sedang di buffet makanan lo.

Tips Sehat Makan di Restoran All You Can Eat

Saat makan di tempat all you can eat, tentu ada berbagai jenis makanan yang disediakan. Umumnya ada cukup banyak pilihan makanan untuk satu golongan makanan.

Untuk itu penting bagi kita mengetahui apa saja sih tips agar kita tidak salah pilih saat makan all you can eat. Beberapa hal yang bisa kita lakukan adalah:

Tidak secara sengaja mengosongkan perut saat menjelang makan
Perut yang sengaja dipersiapkan kosong untuk “menyambut” all you can eat inilah yang akan menyebabkan kita makan berlebihan dan pilihan makanan hanya karena lapar mata saja. Untuk itu biasakan tetap makan teratur dan mengonsumsi camilan sehat setiap 2-3 jam sekali. Buatlah makan all you can eat sebagai pengganti maka utama.

Memilih bahan makanan yang tepat
Healthline menyebutkan bahwa ada beberapa jenis makanan yang aman jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, pilihan makanan tersebut di antaranya adalah:

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

  • Makanan yang bervolume untuk mengisi perut, yaitu air atau kaldu sup atau sup buah bisa dipilih sebagai menu.
  • Makanan yan tinggi serat, buah dan sayur tentu saja sangat baik untuk kesehatan. Berbagai sajian buah dan sayur saat makan all you can eat tentu ada dalam berbagai jenis variasi makanan yang tentu bisa dipilih sebagai menu makanan yang sehat.
  • Makanan berprotein yang rendah lemak, dibandingkan memilih daging sapi, ikan bisa menjadi pilihan yang tepat, selain itu hindari konsumsi daging unggas dengan kulit dan pilih bahan makanan hewani yang diolah dengan metode rendah lemak.

Makan sesuai porsi
Jenis makanan yang disajikan tentu sangat banyak dan wajar jika kita mencoba banyak masakan. Untuk itu jika ingin mencoba banyak jenis masakan maka cobalah dalam porsi kecil saja lalu terapkan untuk banyak jenis masakan sehingga kita bisa merasakan banyak masakan tanpa harus mengonsumsinya berlebihan.

Nah, itu dia tiga tips yang bisa kita terapkan agar makan saat all you can eat tetap bisa sehat, selamat mencoba ya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi