Tips Agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar Walau Memasuki Usia Lanjut

doktersehat-diet-usia-tua

DokterSehat.Com– Semakin bertambahnya usia, tentu saja kondisi kesehatan dan kebugaran tubuh semakin menurun. Selain itu, sistem kekebalan tubuh juga akan menurun. Akibatnya, berbagai macam jenis penyakit akan mudah menyerang tubuh sehingga membuat kita jadi mudah sakit.

Proses penuaan akan terjadi secara alami pada setiap orang, dimulai dari timbulnya tanda-tanda seperti kulit yang mulai keriput. Walaupun demikian, bukan berarti di usia lanjut atau tua kita tidak memperhatikan kesehatan dan kebugaran tubuh.

Justru, semakin bertambahnya usia, kita harus semakin sadar akan pentingnya kesehatan dan kebugaran tubuh. Berikut adalah beberapa tips agar tubuh tetap sehat dan bugar walau di usia lanjut, diantaranya:

1. Makan Makanan Sehat

Salah satu kunci agar tubuh sehat dan bugar di usia lanjut adalah menjaga asupan makanan yang akan masuk ke dalam tubuh yakni dengan cara memilih jenis makanan sehat terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Sayangnya, pada usia lanjut, kemampuan untuk mengecap rasa kian menurun. Akibatnya, makanan yang dikonsumsipun terbatas dan membuat selera makan berkurang. Untuk mengatasinya, cobalah untuk mengolah makanan sendiri dengan menambahkan rempah-rempah agar rasanya terasa lebih nikmat.

2. Tetap Aktif

Di usia lanjut, kemampuan fisik akan semakin menurun sehingga akan mudah lelah saat melakukan aktifitas yang sedikit berat termasuk olahraga. Kondisi tersebut bukan berarti Anda bisa hanya sekedad bersantai saja menikmati usia tua, akan tetapi harus tetap aktif melakukan aktifitas fisik. Jika melakukan olahraga dengan banyak gerakan membuat Anda merasa berat melakukannya, cobalah untuk memulai melakukan latihan ringan seperti jalan kaki atau hanya sekedar bermain bersama cucu kesayangan.

3. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup bisa membuat tubuh menjadi sehat dan bugar terutama saat mulai memasuki usia lanjut. Umumnya, saat usia lanjut Anda akan mengalami susah tidur. Alasan yang seringkali terjadi adalah karena harus ke kamar mandi akibat ingin buang air kecil. Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi Anda untuk tidak mengonsumsi banyak air putih sebelum tidur agar tidur Anda tidak terganggu oleh rasa ingin buang air kecil.