Jangan Asal, Begini 4 Cara Buat Jus bagi Penderita Diabetes yang Tepat

doktersehat jus buah
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com– Anda tentu sepakat bukan, jika pengaturan berbagai makanan dan minuman bagi penderita diabetes adalah salah satu hal yang penting dilakukan untuk penderita diabetes?

Ya, pola makan menjadi salah satu hal yang penting untuk mendukung kualitas hidup penderita diabetes, hal ini tentu juga berlaku pada minuman, termasuk minuman yang sudah terkenal akan manfaat kesehatannya, yaitu jus.

Mengonsumsi jus tentu saja boleh dilakukan oleh penderita diabetes, akan tetapi, jenis, jumlah dan cara konsumsi jus untuk pederita diabetes tidak boleh dipilih dengan asal.

Manfaat jus bagi penderita diabetes

Jus yang dipilih jenis, jumlah, frekuensi dan cara saji yang tepat tentu bisa sangat bermanfaat untuk penderita diabetes.

jus_jeruk_dingin_beku_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/Marco Verch

Beberapa manfaat yang akan dirasakan dengan konsumsi jus yang tepat, adalah:

  • Asupan zat gizi dan cairan dalam tubuh lebih baik
    Dengan pemilihan jenis bahan baku jus yang tepat, utamanya yang terbuat dari bahan makanan alami, seperti buah dan sayur, maka asupan gizi, vitamin, mineral, serat, antioksidan serta cairan dalam tubuh penderita diabetes bisa lebih terdukung.
  • Mendukung gula darah yang lebih teratur
    Mengonsumsi jus pada waktu dan frekuensi yang tepat, misalnya 2-3 kali sehari dengan jeda waktu yang baik, akan memberikan manfaat berupa asupan energi dan gizi. Secara tidak langsung, hal ini akan memberikan manfaat berupa kadar gula dalam tubuh yang lebih teratur karena asupan energi bisa tersuplai dengan baik.
  • Mengatur pola makan penderita diabetes dengan lebih baik
    Terbiasa mengonsumsi jus, misalnya sebagai minuman setelah makan utama atau sebagai camilan, juga akan menciptakan kebiasaan pola makan yang baik. Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, pola makan yang baik mampu mendukung gula darah tubuh yang lebih terkontrol

Nah, itu dia manfaat dari konsumsi jus dengan tepat bagi penderita diabetes.

Agar lebih jelas dalam merasakan manfaatnya, yuk sama-sama kita simak penjelasan tentang tips membuat jus bagi penderita diabetes di bawah ini!

Tips sehat membuat jus bagi penderita diabetes

doktersehat-kombinasi-jus-sahur

1. Utamakan memilih bahan baku alami dan segar

Hindari memilih jus dalam kemasan dan utamakan memilih bahan baku jus dari makanan yang berasal dari tanaman, misalnya sayur, buah atau kacang-kacangan. Pilih bahan yang segar, bukan kalengan, agar kandungan gizinya lebih maksimal dan menekan penggunaan bahan pengawet.

Pemilihan jus sayur dan kacang-kacangan lebih dianjurkan karena kandungan gula yang lebih rendah daripada buah.

2. Jika membuat jus buah, pilih jenis dan tingkat kematangan buah yang tepat

Untuk jus buah, pemilihan jenis dan tingkat kematangan harus diperhatikan. Hindari memilih buah yang memiliki banyak gula, misalnya semangka, mangga, atau pisang.

Buah yang dianjurkan untuk penderita diabetes adalah buah yang rendah gula dan kaya akan antioksidan, misalnya buah jenis beri, yaitu stroberi, bluberi, atau blackberi, delima, anggur, atau buah tinggi serat yaitu apel. Pastikan buah yang dipilih tidak terlalu matang karena kandungan gula fruktosanya bisa menjadi berlebihan.

3. Hindari menambahkan bahan makanan yang tinggi kalori atau gula

Saat membuat jus, penderita diabetes sebaiknya tidak menambahkan es krim, krimer kental manis, meses, jeli, permen manis, gula, gula cair, atau tambahan lainnya yang tinggi gula. Hal ini penting agar asupan gula saat membuat jus tetap bisa dikontrol.

4. Untuk menambah rasa pilih pemanis yang rendah kalori atau tambahkan rempah

Jika ingin menambahkan pemanis pada jus, penderita diabetes bisa memilih pemanis alami, misalnya jus sayur ditambah dengan sari buah atau bubuk kayu manis. Penggunaan bumbu atau rempah, misalnya jahe atau serai, bisa dipilih untuk meningkatkan cita rasa jus.