Terbit: 16 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menjadi seorang pemalas adalah sebuah pilihan yang sangat tidak baik. Sebab, seorang pemalas biasanya selalu identik dengan hal yang tidak baik. Misalnya malas bekerja, malas belajar, dan bahkan malas berolahraga. Sehingga, banyak yang mengatakan jika seorang pemalas itu tidak memiliki harapan atas dirinya sendiri.

4 Tips Sehat dan Bugar bagi Orang Pemalas

Mungkin kita bisa malas bekerja karena harta orang tua masih banyak, tapi kita tidak bisa menjamin kesehatan jika malas berolahraga. Sebab, kesehatan itu sifatnya mutlak dan tidak bisa ditawar sedikitpun, walau dengan harta. Sehingga janganlah kita menjadi pribadi yang malas untuk berolahraga.

Nah, bagi yang tidak terbiasa berolahraga. Alangkah baiknya merubah kebiasaan itu sekarang juga. Tidak usah langsung pada olahraga berat, tapi lakukanlah olahraga ringan terlebih dahulu seperti berikut ini.

1. Peregangan

Peregangan merupakan salah satu teknik olahraga yang paling mudah dilakukan dan tidak membutuhkan banyak tenaga. Sebab, peregangan hanya perlu dilalukan dengan cara melenturkan otot tubuh yang kaku. Membiasakan peregangan setiap hari sangat baik dalam performa dan kesehatan tubuh.

2. Gerakkan Tangan dan Kaki

Selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menggerakkan kaki dan tangan secara bertahap. Maksudnya, kita bisa menggerakkan kaki dan tangan dengan menekuk atau gerakan lainnya. Semakin hari, gerakan itu harus ditambah intensitas dan volumenya agar tubuh menjadi terbiasa.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

3. Jalan Kaki

Jika berlari dianggap sebagai hal yang melelahkan, maka kita bisa menggantinya dengan jalan kaki. Untuk menghindari rasa jenuh, cobalah untuk jalan kaki di tempat rekreasi atau mall sehingga kita tidak merasa sedang olahraga. Trik ini cukup ampuh bagi orang yang malas berolahrga.

4. Aktivitas Rumahan

Jangan terlalu sering berdiam diri di kamar, sebaiknya lakukanlah aktivitas rumahan seperti berkebun, memasak, dan mencuci. Sebab, aktivitas rumahan juga bisa dijadikan alternatif olahraga bagi kita yang malas bergerak. Jangan salah dan menyepelekan aktivitas rumahan, pasalnya akan ada banyak kalori yang dibakar.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi