Terbit: 28 November 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Di Indonesia, menjadi anak kos adalah hal yang wajar untuk dilakukan. Tak hanya anak muda yang harus berkuliah di luar daerah asal, ada banyak pekerja yang juga tetap menjadi anak kos demi memudahkan mereka untuk mencapai tempat kerja. Masalahnya adalah, anak kos seringkali identik dengan gaya hidup tidak sehat.

5 Tips Sehat bagi Anak Kos

Menjadi Anak Kos Membuat Sulit Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Meskipun menyenangkan untuk hidup bebas seorang diri, dalam realitanya menjadi anak kos juga bisa memberikan kerugian tersendiri, khususnya dalam sulitnya menjaga gaya hidup yang sehat.

Sebagai contoh, banyak anak kos yang tidak makan tepat waktu karena mager alias malas bergerak. Mereka juga sering tidur larut malam demi nongkrong dengan teman-temannya atau menonton acara favorit. Masalahnya adalah hal ini bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Bagi anak kos yang belum bekerja atau sudah bekerja namun penghasilannya pas-pasan, mereka juga cenderung makan dengan sembarangan. Bahkan, ada yang sampai mengonsumsi makanan instan sehari-hari demi mengenyangkan perut. Padahal, bisa jadi makanan instan ini tidak menyediakan nutrisi yang cukup dan akhirnya memberikan dampak kurang sehat bagi kondisi tubuh.

Tips Hidup Sehat bagi Anak Kos

Meski menjadi anak kos, bukan berarti kita tidak bisa hidup sehat. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan agar bisa tetap bugar dan mencegah datangnya masalah kesehatan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

  1. Memastikan Kamar Selalu Rapi

Jangan salah, memastikan kamar berada dalam kondisi rapi bisa menentukan kesehatan anak kos, lho. Hal ini disebabkan oleh suasana hati yang akan semakin baik jika kita melihat kamar yang rapi. Hal ini juga akan membuat kita lebih mudah tidur dengan nyenyak. Padahal, tidur yang nyenyak adalah salah satu cara ampuh untuk membuat tubuh tidak mudah jatuh sakit.

Tak hanya selalu merapikan berbagai barang di kamar, kita juga sebaiknya rajin membersihkan kamar, mengatur penerangannya dan sirkulasi udaranya agar tidak terasa gerah, baik itu di siang ataupun malam hari.

  1. Rutin Sarapan

Salah satu hal yang dilakukan oleh sebagian besar anak kos adalah melewatkan sarapan. Biasanya, hal ini disebabkan oleh waktu bangun tidur yang terlalu siang atau sudah tidak lagi memiliki waktu untuk mencari makanan di pagi hari karena harus segera pergi ke kampus atau ke tempat kerja. Masalahnya adalah sudah menjadi rahasia umum jika melewatkan waktu sarapan bisa memicu berbagai macam masalah kesehatan.

Jika memang masih sulit mencari sarapan, cobalah untuk menyiapkan roti dan selai, buah-buahan, atau sereal dan susu yang bisa dengan cepat kita olah dan bisa langsung dikonsumsi. Hal ini akan membuat kita menjadi lebih rajin sarapan.

  1. Memenuhi Kebutuhan Air Putih

Alih-alih mengonsumsi kopi instan yang tinggi gula atau minuman tidak sehat lainnya, sebaiknya anak kos mulai membiasakan diri untuk lebih banyak minum air putih. Dampaknya tak hanya berupa mencegah dehidrasi, melainkan juga bisa membuat fungsi organ tubuh semakin membaik. Hal ini akan meningkatkan kondisi fisik dan mental yang membuat aktivitas sehari-hari semakin mudah untuk dilakukan.

  1. Tidak Sembarangan Makan di Luar

Pastikan untuk cermat saat membeli makanan di warung, restoran, atau kafe. Cobalah untuk membatasi asupan kalori, garam, atau gula agar tidak berlebihan. Selain itu, kita juga sebaiknya mulai mengurangi asupan gorengan atau makanan cepat saji yang tidak sehat.

  1. Berolahraga

Tak harus pergi ke pusat kebugaran, kita bisa melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, berlari, atau bersepeda secara rutin agar tetap sehat dan bugar.

 

Sumber:

  1. Anonim. 2017. 8 Tips for a Healthier Dorm Room. https://healthyheels.org/2017/08/07/8-tips-for-a-healthier-dorm-room/. (Diakses pada 28 November 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi