Tips Sehat Atur Porsi Makanan Di Piring

Photo Credit : pixabay.com

DokterSehat.Com– Coba perhatikan, biasanya golongan makanan apa yang porsinya paling besar di piring Anda? Ternyata proporsi porsi golongan makanan di piring bisa kita atur lo. Hal ini tentu cukup mudah untuk membantu kita dalam menerapkan pola makan sehat.

Tips mengatur porsi makan ini menjadi salah satu kampanye pola makan sehat yang dicetuskan oleh US Departement of Agriculture. Hal ini dilakukan dengan membagi piring menjadi empat proporsi atau bagian untuk masing-masing golongan makanan, dengan prinsip sebagai berikut:

1. Membagi empat bagian piring

Dalam membagi empat bagian piring, bayangkan kita membuat satu garis diagonal di tengah piring yang membagi piring sama besar. Kemudian bayangkan garis horizontal dengan bagian bawah sedikit lebih besar dari bagian atas. Sehingga dua bagian bawah piring memiliki proporsi lebih besar dari dua bagian atas.

2. Dua bagian bawah yang lebih besar untuk makanan berkarbohidrat dan sayur

Dalam satu kali makan utama, kita diajurkan untuk mengonsumsi makanan berkarbohidrat, baik roti atau gandum atau nasi, dengan proporsi yang sama dengan sayur.

3. Dua bagian atas untuk buah dan makanan berprotein

Dua bagian atas piring masing-masing dianjurkan untuk diisi dengan buah dan lauk berprotein, baik protein hewani dan nabati.

4. Tambahkan produk olahan susu

Kita dianjurkan untuk mengonsumsi produk olahan susu setiap kali makan. Baik itu susu, keju atau yoghurt. Yoghurt bisa kita pilih untuk campuran buah yang sudah kita proporsikan pada ukurannya sebelumnya.

Proporsi ini bisa diterapkan untuk semua golongan umur, namun porsi atau banyaknya tentu menyesuaikan kebutuhan masing-masing individu.

Kini proporsi piring makan ini sudah banyak dibuat dalam bentuk piring jadi atau stiker untuk piring untuk kampanye makan sehat.

Nah, bagaimana sudahkah Anda menerapkan proporsi makan seperti di atas setiap kali Anda makan?