Terbit: 23 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Jika biasanya diet hanya dilakukan oleh satu orang. Maka kini saatnya mencoba penerapan diet agar berat badan seluruh anggota keluarga bisa terkontrol. Kira-kira bagaimana pengaturan diet untuk seluruh anggota keluarga?

Tips Sehat Agar Berat Badan Keluarga Terkontrol

Pakar kesehatan dari American Academy of Family Physicians, John Meigs berbagi tips agar keluarga kita dapat mengontrol berat badan dengan penerapan pola makan yang sehat. Beberapa hal yang bisa kita lakukan, adalah:

1. Membiasakan sarapan

Sarapan sebaiknya menjadi salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh semua anggota keluarga. Hal ini tentu akan mendukung asupan makan yang teratur dan memberikan asupan energi yang cukup untuk memulai hari sehingga mencegah makan berlebihan atau jajan sembarangan di siang hari.

Sarapan harus dipersiapkan dengan tepat dan praktis. Konsumsi oatmeal dengan tambahan buah atau kacang-kacangan bisa menjadi pilihan yang tepat.

2. Usahakan membawa bekal dari rumah

Bekal dari rumah akan terjamin kebersihannya. Selain itu jenis makanan, metode pemasakan dan porsi bahan makanan bisa kita atur sesuai dengan kebutuhan masing-masing anggota keluarga. Sehingga asupan makan bisa lebih terkontrol.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Menyertakan buah dan sayur dalam bekal makan siang akan membuat asupan makan siang keluarga menjadi super sehat.

3. Biasakan melakukan makan malam bersama

Makan malam bersama tidak hanya membuat keluarga lebih akrab namun asupan makan juga menjadi lebih teratur. Selain itu tubuh akan mendapat asupan gizi yang baik setelah melalui aktivitas harian. Jangan lupa untuk memilih makanan yang rendah lemak atau tidak digoreng untuk makan malam ya.

4. Meningkatkan aktivitas fisik

Usahakan agar anak melakukan atau mengikuti kegiatan olahraga secara rutin. Untuk orang tua usahakan selalu menggunakan tangga dibandingkan lift ketika beraktivitas. Sempatkan waktu untuk olahraga di akhir pekan bersama keluarga, misalnya lari pagi atau bersepeda. Dengan olahraga rutin dan asupan makan yang tepat, maka berat badan keluarga akan semakin terkontrol, kan?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi