15 Cara Mengatasi Perut Kembung, Tips Ke-8 Gak Nyangka!

cara-mengatasi-perut-kembung-doktersehat

DokterSehat.Com– Setiap orang mungkin pernah mengalami masalah perut kembung, namun tak jarang penderitnya kebingungan mencari obat perut kembung yang tepat. Kembung disebabkan oleh pembengkakan abnormal atau peningkatan diameter di daerah perut, sehingga perut terasa sangat penuh dan menyebabkan sakit perut. Sebelum mencari tahu obat kambung alami, terlebih dahulu kita ketehui apa saja penyebab perut kembung.

Penyebab Perut Kembung

Perut kembung terjadi karena adanya gas berlebih di perut yang menimbulkan rasa tak nyaman. Hal ini bisa saja dialami oleh siapapun dan kapanpun. Oleh karena itu, kita harus tahu cara mengatasi perut kembung dengan obat perut kembung.

Kelebihan gas di dalam usus yang terkumpul di dalam saluran pencernaan memicu terjadinya perut kembung. Seharusnya, gas-gas ini dikeluarkan, sehingga tidak menumpuk di perut.

Beberapa orang biasanya akan berusaha menghilangkan gas berlebih dari dalam tubuh dengan cara mengeluarkannya lewat buang angin, bersendawa, dan obat kembung. Hal ini bisa membantu menjaga tekanan dalam saluran usus agar tetap rendah.

Rata-rata orang akan melepaskan gas melalui kentut atau sendawa sebanyak 14 kali dalam sehari baik secara sadar ataupun tidak sadar.

Penyebab perut kembung ini bisa bermacam-macam, seperti adanya reaksi kimia dari makanan tertentu yang dikonsumsi sehingga merangsang produksi gas berlebih di dalam usus, atau akibat gangguan pencernaan lain misalnya sindrom iritasi usus dan sembelit.

Jika disebabkan oleh penyakit tertentu biasanya menimbulkan perut kembung kronis. Ada banyak penyebab perut kembung lainnya, termasuk diet, sindrom iritasi usus, intoleransi laktosa, refluks, dan sembelit.

Cara Mengatasi Perut Kembung secara Alami

Apabila rasa sakitnya mulai mengganggu, segera cari tahu penyebab perut kembung dan ikuti cara mengobasi perut kembung berikut ini:

1. Cukup minum air 

Kembung adalah tanda bahwa makanan tidak dicerna dengan benar oleh tubuh. Kurangnya asupan air akan menyebabkan perut kembung berlebihan. Cara mengatasi perut kembung yang pertama adalah dengan minum beberapa gelas air putih untuk membantu dalam menjaga keseimbangan natrium dalam tubuh.

Pastikan Anda tidak mengonsumsi minuman bersoda sebagai pengganti asupan air. Sebagai gantinya, Anda bisa mencoba menambahkan sedikit jeruk limau dan lada hitam yang dicampurkan ke air minum.

2. Kurangi asupan garam

Perut kembung dan mual dapat diatasi dengan mengurangi konsumsi garam. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi asupan garam. Pertama, utamakan untuk mengonsumsi makanan segar ketimbang yang diproses. Banyak produk makanan dan buah segar yang rendah kandungan garam.

Beberapa contohnya seperti daging segar jauh lebih rendah kandungan garam bila dibandingkan dengan versi olahan seperti ham, sosis dan hot dog. Kedua, periksa label makanan dan pilih produk yang memiliki kandungan garam rendah.

Ketiga, hati-hati ketika Anda memilih pengganti garam. Beberapa makanan yang tinggi kandungan potasium mungkin dapat membantu mengurangi beberapa masalah terkait konsumsi garam, tapi hal ini justru dapat menyebabkan masalah pada ginjal atau jantung.

3. Hindari minuman manis beralkohol

Cara mengobati perut kembung tradisional ini cukup menghindari minumgan yang mengandung alkohol. Waspadai pula konsumsi gula pengganti, seperti sorbitol, xylitol, maltitol, isomalt, laktitol, manitol, eritritol dan hydrogenated starch hydrolysates (HSH) – yang cenderung menambah rasa kembung.

4. Batasi konsumsi susu

Selain mengonsumsi obat alami perut kembung, hindarilah produk-produk susu penuh dengan kandungan gula alami yang disebut laktosa, yang nyatanya dapat mengganggu proses pencernaan dan menyebabkan perut kembung. Bila Anda termasuk laktosa intoleran, pastikan untuk menghindari keju dan yoghurt karena dapat menyebabkan kram.

5. Batasi porsi makan

Makan dalam porsi kecil tidak hanya berguna dalam membantu usaha penurunan berat badan, tetapi juga bisa menjadi cara terbaik mengatasi perut kembung. Makanlah 4-6 makanan kecil sehari dan pastikan untuk makan secara perlahan. Pada intinya, Anda tetap boleh makan banyak, namun perlu membatasi porsi untuk sekali makan.

6. Minum sebelum makan

Jika asnda makanan diselingi minum air, Anda kehilangan asam lambung dan tidak dapat memecah makanan. Hindarilah perut kembung dan mual dengan cara minum air sekitar 30 menit sebelum makan untuk membantu perut Anda mencerna lebih baik.

7. Makan dan minum perlahan

Ketika makan atau minum dengan cepat, Anda dapat menelan banyak udara, yang dapat menyebabkan perut kembung karena penumpukan gas. Tak melulu dengan obat perut kembung, tapi bisa dengan solusi sederhana, yakni makan secara pelahan. Jika Anda menggunakan gigi palsu, tanyakan kepada dokter gigi untuk memastikan gigi palsu terpasang dengan benar agar tidak terengah-engah saat makan.

8. Berhenti mengunyah permen karet

Banyak orang mengunyah permen karet untuk menjaga napas tetap segar dan membantu menghindari ngemil. Namun, mengunyah permen karet menyebabkan penumpukan gas gas dalam perut, sehingga menyebabkan perut kembung. Mengunyah permen karet berarti terus menelan udara, yang menumpuk dan menyebabkan seseorang sering kentut. Bila Anda tetap tak mau menghindari kebiasaan ini, siap-siap saja untuk mencari obat perut kembung dan mual.

9. Olahraga

Tak perlu repot mencari obat perut kembung karena Anda hanya perlu sedikit bergerak saat perut terasa kembung. Jangan pernah melewatkan waktu olahraga, jika perut Anda terasa penuh dan tidak nyaman.

Olahraga adalah solusi yang sudah terbukti ampuh mengatasi setiap jenis gangguan pencernaan karena membantu mengatur sistem tubuh.

10. Hindari pakaian ketat

Pakaian longgar membantu memastikan seseorang tetap senyaman mungkin jika mengalami perut kembung. Mengenakan pakaian yang tidak terlalu kencang juga membantu ketika perut kembung terjadi, memungkinkannya untuk bebas keluar dari tubuh.

11. Hindari atau kurangi makanan penyebab perut kembung

Beberapa makanan diketahui meningkatkan produksi gas dalam perut. Karbohidrat yang mengandung fruktosa, laktosa, serat tidak larut, dan fermentasi pati di usus besar. Gas terlepas saat mereka memfermentasi.

Mehindari makanan ini sepenuhnya, bagaimanapun, tidak dianjurkan, karena makanan tersebut merupakan bagian penting dari diet yang sehat dan seimbang.

Buah dan sayuran biasanya dapat menyebabkan gas, tetapi memakan beberapa porsi buah dan sayuran sehari lebih penting daripada mengonsumsi obat kembung untuk menghilangkan gas dalam perut. Namun, mengurangi jumlah makanan yang menghasilkan gas ini dapat membantu meminimalkan perut kembung.

Makanan berikut ini sebaiknya dibatasi untuk menghindari perut kembung:

  • Kacang, sayuran berdaun hijau, seperti kubis, kubis Brussel, brokoli, dan asparagus. Sayuran ini mengandung gula kompleks yang sulit bagi tubuh untuk terurai.
  • Minuman ringan, jus buah, dan buah-buahan lainnya, serta bawang, dan pir. Semua makanan ini mengandung fruktosa, bahan penghasil gas.
  • Produk susu seperti makanan dan minuman susu mengandung laktosa, yang juga dapat menyebabkan gas menumpuk.
  • Makanan bertepung, seperti kentang, pasta, jagung, dan produk yang mengandung gandum.

12. Berhenti merokok

Orang yang merokok menelan lebih banyak udara daripada mereka yang tidak. Semakin sering seseorang merokok, semakin banyak udara yang mereka telan. Tentu saja ada banyak manfaat kesehatan lain untuk berhenti merokok.

Orang-orang yang menggunakan rokok elektrik juga menelan lebih banyak udara, jadi menghindari rokok elektrik juga bisa membantu mengatasi perut kembung.

13. Kurangi asupan serat

Kurangi makanan berserat tinggi, karena bisa meningkatkan produksi gas ketika dicerna. Salah satu makanan yang berserat tinggi ini seporti roti gandum utuh.

Jadi, kurangi jumlah serat ke dalam pola makan Anda. Sebaiknya konsumsi serat secara perlahan dengan porsi sedikit sehingga tubuh memiliki waktu untuk menyesuaikannya. Cara ini bisa membutuhkan waktu beberapa minggu.

14. Konsumsi probiotik

Probiotik adalah suplemen yang mengandung bakteri sehat yang sudah ditemukan di saluran pencernaan seseorang. Bakteri baik ini membantu memecah makanan, dan bahkan dapat bekerja untuk memecah gas hidrogen yang dihasilkan selama proses pencernaan. Obat herbal perut kembung yang mudah ditemukan adalah yoghurt yang mengandung probiotik.

Kadang-kadang, probiotik dapat menyebabkan peningkatan gas dan kembung. Ini biasanya berlangsung tidak lama, dan mungkin akan berkurang ketika tubuh terbiasa dengan bakteri baru.

15. Hindari makanan yang digoreng

Batasi atau bahkan hindari makanan yang digoreng dan makanan mengandung banyak lemak yang dapat memperlambat pencernaan, sehingga menyebabkan gas menumpuk dalam perut.

Jika Anda terus merasa kembung, maka mungkin saja Anda mengalami masalah kembung kronis dan dapat menjadi sesuatu yang serius seperti penyakit celiac.

Itu dia penyebab perut kembung, obat perut kembung, hingga cara mengatasi perut kembung. Jika perut kembung tak kunjung sembuh setelah mencoba pengobatan alami di atas, segera hubungi dokter, Teman Sehat!