Makanan Wajib Saat ingin Menjadi Vegetarian

doktersehat vegetarian

DokterSehat.Com– Saat ini, tidak sedikit orang yang tertarik untuk menjadi vegetarian. Vegetarian adalah pola hidup di mana seseorang hanya diperbolehkan mengonsumsi makanan tidak hidup seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan lain sebagainya. Sebaliknya, mereka tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan yang tergolong sebagai makhluk hidup seperti ikan, daging, telur, bahkan produk susu.

Pola hidup ini dikatakan sehat karena tidak sembarang makanan yang bisa masuk ke dalam tubuh, seperti daging dan ikan. Lantas, jika mereka tidak mengonsumsi daging dan ikan, darimana protein bisa mereka peroleh? Jika Anda tertarik ingin memulai menjadi vegetarian, maka sebaiknya Anda menyiapkan beberapa makanan ini di rumah, diantaranya:

1. Kacang-Kacangan

Seperti pertanyaan sebelumnya bahwa darimana para vegetarian dapat memperoleh protein sementara mereka tidak memgonsumsi daging? Jawabannya adalah kacang-kacangan. Protein dari kacang-kacangan juga cukup tinggi sehingga bisa memenuhi kebutuhuan protein harian dalam tubuh. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung vitamin dan omega 3. Oleh karenanya, selalu sediakan kacang-kacangan di rumah.

2. Tahu

Makanan selanjutnya yang harus ada di rumah bagi para vegetarian adalah tahu. Selain kacang-kacangan, Anda juga bisa memperoleh protein dari tahu. Pasalnya, tahu terbuat dari kacang kedelai yang kaya akan protein. Anda bisa mengolah makanan ini menjadi berbagai macam olahan, namun akan lebih baik lagi jika hanya direbus saja.

3. Sayuran Hijau

Yang tak kalah penting lagi dan terbilang utama untuk vegetarian adalah sayuran. Pilihlah sayuran hijau berdaun karena mengandung zat besi serta kalsium yang cukup tinggi. Nutrisi tersebut dapat membantu menjaga kesehatan tubuh serta tulang Anda.

4. Air Mineral

Sebagai pelengkap pola hidup vegetarian, sudah seharusnya Anda memperbanyak konsumsi air mineral. Sebab, tubuh akan beradaptasi ketika beralih menjadi vegetarian. Dalam masa peralihan, Anda akan sangat lemas dan seakan tak bertenaga. Untuk itu, antisipasilah dengan memperbanyak konsumsi air mineral.