Terbit: 17 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Saat puasa kita tidak akan makan dan minum selama lebih kurang 13,5 jam. Meski tidak makan kita tetap harus bekerja dan melakukan aktivitas harian seperti biasa. Meski sedang lemas dan lelah, kita tetap dituntut untuk selalu profesional dan menjalankan semuanya dengan baik.

Nah, agar konsentrasi kerja tetap terjaga dan energi tidak cepat habis, kita disarankan untuk makan sahur yang tepat. Maksud dari tepat ini adalah makanan yang dikonsumsi harus bisa memberikan nutrisi seimbang dan juga kenyang lebih lama.

Kalau Anda ingin selalu bugar saat siang hari dan tidak gampang lemas, coba konsumsi makanan di bawah ini saat sahur.

  1. Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang cocok dikonsumsi saat berbuka puasa dan sahur. Kandungan lemak nabati yang sehat bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Anda tidak akan mudah lapar sehingga segala aktivitas harian seperti bekerja bisa berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir.

Anda bisa mengolah alpukat menjadi jus atau dimakan langsung. Avokad juga bisa dicampur dengan sayuran lain untuk dijadikan salad yang segar dan nikmat.

  1. Oatmeal

Kita cenderung mengonsumsi nasi saat sahur seperti makan pagi saat sarapan. Nasi memang membuat kita kenyang, tapi terlalu banyak nasi bisa membuat kita jadi mengantuk dan akhirnya kerap tidak bisa konsentrasi saat bekerja.

Untuk menyiasati penggunaan nasi yang berlebihan, Anda bisa mengonsumsi oatmeal. Makanan yang terbuat dari biji gandum ini bisa dikonsumsi langsung dengan campuran sayuran atau dicampur susu. Kombinasikan oatmeal sesuai dengan selera ya!

  1. Nasi merah

Kalau Anda masih ingin makan nasi karena kalau tidak nasi kenyangnya hanya sebentar, coba gunakan beras merah. Beras merah bisa diolah menjadi nasi dengan kandungan karbohidrat yang cukup. Selain itu, beras merah juga mengandung serat yang cukup untuk menunda rasa lapar saat siang hari.

  1. Kurma

Tidak semau orang bisa makan sahur dengan mudah setiap harinya. Ada kalanya saat makan sahur kita jadi mual dan ingin muntah. Untuk menyiasati kondisi ini Anda bisa mengonsumsi kurma saat sahur sebagai alternatif pengganti makanan lain.

Kurma bisa dimakan secara langsung atau dibuat menjadi jus dengan dicampur dengan susu atau buah lain sesuai selera. Kandungan gula alami pada kurma akan membuat Anda tetap berenergi selama seharian penuh sebelum akhirnya saat berbuka puasa tiba.

  1. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon atau tuna adalah makanan yang tepat untuk sahur. Anda bisa memasak ikan ini secara langsung atau dicampur dengan sayuran. Salmon sangat cocok untuk sahur karena mengandung protein, vitamin, mineral, dan omega-3 yang baik untuk tubuh.

  1. Jagung dan olahannya

Dibandingkan dengan nasi putih, jagung memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Anda bisa mengolah jagung menjadi beberapa makanan atau cukup direbus lalu dicampur susu dan keju. Selanjutnya Anda juga bisa mengolah jagung menjadi nasi yang nikmat.

  1. Ubi dan singkong

Alternatif lain untuk pengganti nasi yang memberikan rasa kenyang lebih lama adalah ubi dan singkong. Anda bisa mengolah bahan ini menjadi makanan atau kudapan yang hangat. Kalau Anda malas mengolahnya jadi makanan, cukup rebus atau goreng sebelum disajikan hangat.

Oh ya, terpenting dari semua, menu sahur harus ada kandungan protein, karbohidrat, lemak, dan mikronutrien lain. Jadi kombinasikan beberapa bahan di atas menjadi menu yang tidak saja nikmat, tapi bisa membuat Anda tidak lapar seharian.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi