Tips Sehat Membuat Puding Bagi Penderita Diabetes

doktersehat-puding-diabetes
Photo Credit: Flickr.com/James Petts

DokterSehat.Com– Siapa sih yang bisa menolak kelezatan puding? Rasanya yang nikmat dan kelembutan tekstur puding tentu membuat banyak orang ketagihan ya. Namun bagi penderita diabetes mengonsumsi puding seakan menjadi sesuatu yang dilarang. Padahal dengan melakukan pemilihan yang tepat maka penderita diabetes juga tetap bisa mengonsumsi puding lho.

Ada cukup banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum penderita diabetes mengonsumsi puding. Mulai dari jenis puding, jumlah porsi puding dan kapan harus mengonsumsi puding.

Agar bisa lebih bebas mengatur komposisi puding, maka sebaiknya puding dibuat sendiri dengan beberapa tips dibawah ini:

1. Tidak menggunakan penambahan gula alami maupun buatan

Seperti yang kita ketahui, gula adalah salah satu bahan makanan yang dibatasi konsumsinya untuk penderita diabetes. Maka terapkan pula hal ini dalam pembuatan puding.

Perhatikan kandungan gula pada puding, pastikan puding yang digunakan bebas gula atau pilih dengan kandungan gula yang paling rendah. Penambahan gula atau pemanis lainnya juga tidak dianjurkan dalam puding, ya.

2. Gunakan buah-buahan

Pilih buah sebagai pemberi rasa manis pada puding. Perhatikan agar buah yang dipilih adalah buah yang aman bagi penderita diabetes misalnya apel, kiwi, nanas atau jeruk.

Buah bisa dicampurkan dalam bentuk potongan atau dihaluskan dalam puding agar rasa manis dari buah bisa terasa.

3. Gunakan saus puding yang sehat

Jika biasanya saus atau vla pada puding memiliki rasa yang sangat manis, maka kini buatlah vla puding yang sehat dari bahan alami. Membuat saus dari jahe dan kombinasi rempah kayu manis tentu bisa jadi pilihan unik untuk puding buah, kan?

Selain melakukan tips di atas, penderita diabetes harus memastikan bahwa konsumsi pudingnya tepat ya.

Batasi hanya konsumsi satu porsi puding dan konsumsi puding buah sebagai camilan diantara waktu makan bisa jadi pilihan yang sehat.