Wanita Hamil Sebaiknya Mengonsumsi Makanan ini Ketika Berpuasa

doktersehat-suplemen-hamil-puasa

DokterSehat.Com– Berpuasa di bulan Ramadan merupakan suatu kewajiban bagi umat Muslim. Namun, ada suatu kondisi yang membuat orang menjadi susah untuk menjalankan ibadah puasa, salah satunya adalah wanita hamil. Akan tetapi, tidak sedikit wanita hamil yang masih ingin melakukan puasa.

Jika memang demikian, harus tetap menjaga kondisi kandungan agar tidak membahayakan kesehatan janin. Untuk itu, sebelum berpuasa ada baiknya jika Anda memilih makanan yang akan dikonsumsi pada saat sahur dan berbuka puasa terlebih dahulu, agar janin tetap sehat. Berikut adalah beberapa contoh makanan yang bisa dikonsumsi oleh wanita hamil saat ingin berpuasa.

1. Makanan Mengandung Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat memang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk energy dan menghilangkan rasa lapar. Akan tetapi, sebaiknya Anda memilih karbohidrat kompleks, speperti beras merah, gandum, kacang-kacangan, dan sayuran karena lebih sehat dan tubuh menjadi lebih berenergi sepanjang berpuasa. Selain itu, jenis makanan ini juga dapat menghindari sembelit. Seperti yang Anda ketahui bahwa wanita hamil rentan terhadap gangguan sistem pencernaan, khususnya sembelit.

2. Konsumsi Makanan Mengandung Protein

Selain mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, ada baiknya Anda juga mengonsumsi makanan yang mengandung banyak protein ketika ingin berpuasa. Perbanyakalah konsumsi makanan mengandung perotein tinggi seperti daging, telur, ikan, maupun kacang-kacangan pada saat sahur maupun berbuka puasa. Makanan ini juga bisa menjadi sumber nutrisi  yang baik untuk bayi.

3. Hindari Makanan Pedas

Makanan pedas memang dapat menggugah selera dan juga memiliki manfaat bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badan. Akan tetapi, makanan tersebut tidak berlaku untuk wanita hamil sebab dapat membahayakan kesehatan janin, apalagi ketika sedang berpuasa. Disarankan menghindari makanan pedas ketika sahur dan berbuka puasa. Hal ini dikarenakan makanan pedas dapat mengganggu pencernaan. Selain itu, jangan sahur dengan mengonsumsi makanan berat, sebab dapat memaksa lambung bekerja lebih keras.