Tips untuk Memulai Pola Makan Sehat

doktersehat-diet

DokterSehat.Com– Salah satu kunci untuk mendapatkan tubuh sehat dan bugar adalah dengan cara menjaga pola makan sehat. Pola makan sehat ini sangatlah penting karena tidak semua makanan yang masuk ke dalam tubuh bisa memberikan manfaat baik bagi kesehatan. Sehingga, kita harus bisa menjaga asupan makanan dengan cara memilah dan memilih makanan apa saja yang bagus untuk dikonsumsi.

Sayangnya, masih banyak orang yang sulit memulai dan menerapkan pola hidup sehat. Alasannya, mereka masih mudah tergoda dengan makanan lezat berkalori tinggi seperti junkfood.

Selain itu jam kerja yang terlalu padat membuat kita tidak bisa makan secara teratur dan masih banyak alasan lainnya. Untuk itu, berikut adalah beberapa tips untuk memulai menerapkan pola makan sehat agar tubuh selalu sehat dan bugar.

  • Perbanyak konsumsi sayuran

Dimulai dari hal yang paling mudah terlebih dahulu yakni perbanyak mengkonsumsi sayuran. Jika Anda tidak suka mengonsumsi sayuran, mulailah mengonsumsi sayuran dari yang rasanya enak terlebih dahulu seperti wortel, bayam, atau buncis.

Sayuran sangat bagus untuk dikonsumsi karena mengandung serat dan vitamin yang bagus untuk tubuh. Selain itu, sayuran juga tidak mengandung kalori sehingga cocok dikonsumsi tanpa harus takut gemuk.

  • Mengganti camilan dengan makanan berprotein tinggi

Ngemil merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan. Akan tetapi, ngemil bisa membuat tubuh tidak sehat dan dapat menyebabkan obesitas. Namun, jika makanan yang Anda jadikan cemilan mengandung protein tinggi, maka itu sangat bagus untuk tubuh. oleh sebab itu, mulai sekarang gantilah camilan Anda dengan makanan mengandung protein seperti telur rebus, yogurt, dan kacang-kacangan.

  • Mengatur porsi makan

Hal penting lainnya yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh adalah menentukan porsi makanan. Sebaiknya, maka sebelum lapar daripada makan saat lapar. Hal ini dikarenakan jika Anda makan dalam keadaan lar, kemungkinan besar Anda akan makan dalam porsi besar.

Sebaliknya, jika Anda makan sebelum lapar, maka porsi makanan yang Anda makan lebih sedikit. Hal ini juga berlaku pada wadah makanan yang Anda gunakan. Ada baiknya jika piring atau wadah saat Anda makan berukuran kecil agar Anda tidak mengambil makanan dalam jumlah banyak.