DokterSehat.Com– Keguguran merupakan salah satu hal yang tidak diinginkan oleh setiap pasangan. Risiko keguguran ini lebih tinggi dialami oleh wanita yang merokok, minum alkohol dan mengonsumsi obat-obatan terlarang. Setelah mengalami keguguran, ibu perlu menjalani masa pemulihan baik fisik maupun mental.

doktersehat-sakit-perut

Pemulihan fisik setelah keguguran

Usai mengalami keguguran, fisik ibu umumnya masih lemah. Nyeri kram dan perdarahan masih akan terjadi pada beberapa minggu pertama. Untuk membantu pemulihan fisik ibu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya:

1. Hindari infeksi di area vagina
Pada masa pemulihan, sebaiknya Anda menghindari infeksi lanjutan terutama di area vagina. Anda disarankan untuk menggunakan pembalut reguler daripada menggunakan tampon. Meskipun keguguran tidak mengganggu kegiatan harian Anda lainnya, namun Anda tidak disarankan untuk berenang hingga pendarahan berhenti.

2. Hindari berhubungan seks untuk sementara
Dilansir dari New Kids Center, Anda tidak disarankan untuk berhubungan seks selama beberapa minggu setelah keguguran atau hingga pendarahannya berhenti. Hal ini untuk mengurangi risiko infeksi dan menjaga kondisi leher rahim agar tidak trauma.

3. Olahraga ringan
Setelah merasa kondisi Anda semakin membaik, mulailah berolahraga sesuai anjuran dokter. Dengan berolahraga, tubuh Anda akan menjadi lebih rileks, dan banyak mengeluarkan hormon bahagia. Beberapa olahraga yang disarankan antara lain jalan ringan saat pagi hari selama 30 menit. Udara segar di pagi hari membantu Anda mengurangi stres dan mempercepat pemulihan.

4. Makan sehat
Makanan yang sehat juga bisa membantu pemulihan energi Anda. Beberapa makanan yang disarankan antara lain makanan yang mengandung sayuran hijau, telur, jeruk, alpukat dan kedelai.

5. Lakukan pemeriksaan rutin
Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda keseluruhan. Selain itu penting juga untuk menghindari diri dari penyakit seperti herpes atau oenyakit menular seksual lainnya.