Terbit: 2 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda sedang rutin berolahraga berat? Maka penerapan pemilihan menu sehat untuk atlet bisa Anda coba terapkan untuk menu makan Anda setiap hari. Bagaimanakah penerapan pemilihan menu sehat untuk atlet?

Tips Pemilihan Menu Sehat Untuk Atlet

Seperti yang kita ketahui, asupan gizi sangatlah penting untuk mendukung performa atau tujuan olahraga yang sedang Anda lakukan. Pemilihan gizi yang tepat akan mendukung stamina yang cukup atau pembentukan otot yang baik.

Umumnya kebutuhan energi pada atlet lebih tinggi dari orang biasa, atlet usia dewasa awal membutuhkan 2000-4000 kkal dalam sehari. Untuk itu, beberapa tips agar pemilihan menu atlet optimal, adalah:

1. Pilihan makanan tinggi kalori yang tepat

Dengan kebutuhan yang tinggi tersebut maka makanan yang dianjurkan adalah makanan yang bisa memberikan asupan kalori dan energi yang tepat. Colorado State University menganjurkan atlet memenuhi sebagian besar kalori karbohidrat dari makanan yaitu kentang dan sereal.

2. Makan lebih sering

Kebutuhan energi yang tinggi boleh dipenuhi dengan mengonsumsi makanan lebih sering. Memilih makanan tinggi kalori dan protein untuk dikonsumsi setiap dua jam sekali bisa menjadi bagian diet untuk para atlet.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

3. Pilihan makanan saat sarapan

Perhatikan pemenuhan karbohidrat dan protein saat sarapan. Pilih bahan makanan yang dapat memenuhi keduanya misalnya oatmeal, sereal gandum utuh, susu skim, telur dan kacang-kacangan. Dua atau tiga jam setelah sarapan dianjurkan untuk mengonsumsi camilan dengan komposisi yang mirip.

4. Makan siang tinggi serat

Makan siang menjadi pilihan untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan serat dan vitamin harian atlet. Salad daging dengan sayuran menjadi pilihan yang tepat. Asupan kalori berlebihan saat makan siang tidak dianjurkan sehingga camilan saat makan siang juga sebaiknya adalah buah, sayur atau kacang-kacangan.

5. Makan malam tinggi protein dan lemak baik

Makan malam atlet dianjurkan terdiri dari protein, sayur dan lemak nabati. Misalnya menu stik daging rendah lemak dengan tambahan salad sayur yang diolah dengan bumbu dari minyak zaitun.

Nah, dengan pemilihan menu makanan yang tepat seperti di atas maka aktivitas dan performa atlet akan semakin optimal, ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi