4 Tips Pemanasan Agar Latihan Jadi Optimal

gym-doktersehat

DokterSehat.Com– Sebelum melakukan latihan atau olahraga, ada satu aktivitas yang sangat dianjurkan untuk dilakukan, yaitu pemanasan. Ya, pemanasan menjadi sebuah hal penting yang tidak boleh disepelekan. Pasalnya, dengan pemanasan maka kita akan terhindar dari risiko cedera maupun kram.

Kemudian, pada pemanasan sendiri juga ada tata cara dan aturannya. Sebab, pemanasan yang dilakukan sembarangan tidak akan membuahkan hasil. Dan justru malah membuat otot tubuh menjadi kacau. Untuk itu, berikut adalah beberapa tips pemanasan agar latihan menjadi lebih optimal.

1. Melakukan Gerakan Dasar

Tips pemanasan yang pertama adalah melakukan gerakan-gerakan dasar, meliputi push up, sit up, loncat, peregangan, dan sebagainya. Anda bisa memilih beberapa teknik dasar tersebut sebelum memulai olahraga inti. Tapi ingat, pemanasan harus dilakukan secara tepat sehingga suhu tubuh menjadi lebih hangat dan tubuh berkeringat.

2. Menggunakan Alat Secara Tepat

Langkah kedua adalah menggunakan alat fitnes secara tepat. Misalnya jika Anda ingin memfokuskan latihan pada lengan, maka Anda bisa melakukan pemanasan dengan dumbbell untuk melatih tangan. Gunakanlah dumbbell yang ringan saja, sebab tujuannya hanya untuk meregangkan otot agar tak kaget ketika diajak berlatih beban berat nantinya.

3. Lakukan Minimal 15 Menit

Untuk waktu pemanasan sebenarnya tidak ada batasan atau aturan khusus, namun yang baik adalah melakukan pemanasan dengan waktu minimal 15 menit. Sebab, dengan jangka waktu tersebut tubuh sudah mulai merasakan adanya kontraksi ringan. Sehingga saat latihan utama dilakukan, kontraksi tak akan terjadi begitu kuat yang membuat Anda bisa berlatih secara maksimal.

4. Mengatur Napas

Selanjutnya adalah mengatur pernapasan. Hal ini penting dan jangan sampai diabaikan. Sebab, latihan berat juga berkaitan dengan teknik pernapasan. Jadi, jika sistem pernapasan buruk, maka Anda akan susah dalam latihan. Untuk itu, lakukan pemanasan dengan posisi berdiri sembari mengatur pola napas yang baik.