10 Kebiasaan yang Membuat Panjang Umur (Menurut Sains)

DokterSehat.Com – Banyak yang mengklaim bahwa gaya hidup sehat akan membuat Anda jadi panjang umur. Sayangnya, tidak semua tips panjang umur memiliki dasar sains atau penelitian yang jelas. Berbagai mitos di luaran sana terus berkembang terkait dengan cara menjadi panjang umur meski tidak semuanya benar.

Tips panjang umur dari kebiasaan sehari-hari

Kebiasaan baik untuk menjaga kesehatan tubuh sebenarnya ada banyak. Namun, kebiasaan yang sudah terbukti bisa membuat kita panjang umur tidak banyak. Apalagi yang sudah diteliti dengan baik.

Berikut ini beberapa kebiasaan atau tips panjang umur yang bisa Anda aplikasikan:

  1. Perhatikan porsi makan

Makan terlalu banyak ternyata bisa menyebabkan seseorang mengalami penurunan lifespan atau umur yang dimiliki. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan dan jangan sampai kelebihan kalori. Kalau Anda makan terlalu banyak, kemungkinan besar akan menurunkan usia 10-50 persen.

Makan terlalu banyak akan membuat kita mudah sekali mengalami kegemukan. Kalau mengalami kegemukan, berbagai gangguan kesehatan akan muncul. Sistem kardiovaskular dan imun akan menurun.

  1. Tambahkan kunyit ke dalam masakan

Mungkin Anda akan bertanya, mengapa harus kunyit? Karena kunyit bisa memberikan banyak sekali manfaat untuk tubuh. Salah satu manfaat itu adalah mencegah inflamasi pada tubuh Mengonsumsi kunyit sebagai minuman atau dalam bentuk masala bisa mencegah terjadinya masalah pada otak, jantung, dan paru-paru.

Kandungan curcumin pada kunyit juga berhubungan dengan umur panjang dari beberapa penelitian pada hewan. Penelitian langsung pada manusia belum ada meski kemungkinan memberikan efek sama cukup besar.

  1. Banyak mengonsumsi sayuran

Aneka sayuran dan makanan yang berasal dari tumbuhan telah diketahui mampu menurunkan risiko beberapa penyakit. Beberapa penyakit yang akan menurun dari asupan makanan dari tumbuhan adalah kanker, gangguan metabolisme gangguan jantung, depresi, hingga masalah pada otak. Yang menyebabkan tubuh jarang sakit adalah kandungan antioksidannya yang kaya.

  1. Konsumsi Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang mengandung cukup banyak nutrisi untuk tubuh. Kandungan nutrisi ni bisa mengatasi masalah seperti tekanan darah tinggi, diabetes, hingga masalah inflamasi dan kanker. Konsumsi jenis kacang yang tepat seperti almond dan sejenisnya. Kemungkinan hidup lebih lama dari mengonsumsi kacang-kacangan bisa naik hingga 39%.

  1. Hindari merokok

Merokok adalah masalah paling besar dari tubuh yang harus dihentikan sesegera mungkin. Seseorang yang rutin merokok dalam hidupnya akan mengalami penurunan usia hingga 10 tahun. Selain itu, kemungkinan terjadi kematian dini bisa meningkat hingga tiga kali lipat lebih besar.

Penelitian lain tentang rokok juga dilakukan dan menunjukkan data  kalau berhenti merokok pada usia 35 tahun akan meningkatkan usia hingga 8,5 tahun. Selanjutnya kalau seseorang berhenti merokok pada usia 60 tahun, akan ada tambahan usia hingga 3,7 tahun.

  1. Rutin olahraga

Lakukan olahraga secara rutin setiap harinya minimal 15 menit. Dengan melakukan olahraga selama 15 menit setiap hari, kemungkinan tubuh mengalami masalah seperti sakit akan rendah. Usia akan naik hingga 3 tahun. Selanjutnya setiap tambahan 15 menit akan ada kenaikan 4 persen.

  1. Jangan lupa bahagia

Mungkin terdengar sepele, tapi menjadi lebih bahagia akan membuat Anda menjadi lebih sehat dan memiliki usia yang panjang. Dari beberapa penelitian yang dilakukan, menjalani kehidupan dengan baik dan bahagia bisa hidup di atas 6 dekade dan peluangnya 2,5 kali lebih besar dari mereka yang jarang bahagia.

Jenis olahraga yang bisa dilakukan ada banyak. Anda bisa melakukan kardio atau olahraga di gym seperti angkat beban. Lakukan olahraga sekitar 150 menit per minggu.

  1. Perbaiki pola tidur

Jangan pernah menyepelekan tidur dalam kehidupan. Meski terlihat seperti aktivitas pasif, tidur memiliki cukup banyak manfaat untuk tubuh salah satunya untuk mengembalikan kondisi tubuh yang lelah. Daya tahan tubuh juga akan meningkat dengan sendirinya kalau seseorang tidur selama 7-9 jam sehari.

Dari beberapa penelitian yang dilakukan, tidur selama 8-9 jam mampu membuat tubuh mengalami peningkatan usia hingga 38 persen. Selanjutnya kalau tidur kurang dari 5-7 jam bisa menyebabkan kematian dini hingga 12 persen.

  1. Hindari stres berlebihan

Dari beberapa penelitian yang dilakukan, seseorang yang cenderung pesimis memiliki kemungkinan mati muda lebih besar sebanyak 42 persen. Sebaliknya kalau seseorang menjadi sangat optimis dan jarang sekali mengalami stres yang berlebihan, mereka bisa hidup jauh lebih lama.

Penelitian lain menunjukkan kalau seseorang yang mengalami stres berlebihan bisa memiliki risiko mati muda 3 kali lebih besar dari mereka yang normal. Wanita memiliki kemungkinan dua kali lebih besar dari pria kalau sampai mengalami stres.

  1. Menjadi seseorang yang disiplin

Kita sering tidak acuh dengan kedisiplinan tubuh yang dilakukan setiap hariya. Asal semua pekerjaan selesai, kita bisa melakukan apa saja dengan semaunya. Padahal dengan lebih disiplin dan apa saja diatur dengan baik, hidup bisa menjadi lebih teratur, menghindari stres, dan bisa hidup lebih lama menurut beberapa studi.

Setidaknya usia dari seseorang bisa meningkat hingga 11 persen dari kondisi tubuh terkini kalau teratur dalam menjaga kedisiplinan. Lakukan kedisiplinan dengan baik seperti membuat jadwal terkait dengan apa saja yang dilakukan hingga hal-hal kecil lainnya.

Berikut beberapa kebiasaan yang terbukti mampu membuat kita jadi berumur panjang. Selain melakukan beberapa kebiasaan di atas, kita juga harus rajin menjaga kesehatan dengan baik setiap harinya. Selama apa yang masuk ke tubuh bisa dikendalikan dan kita tidak melakukan kebiasaan buruk, umur akan menjadi lebih panjang.