Tips Panjang Umur dari Penyintas Kanker Usus Besar: Sering-Sering Makan Kacang

kacang-doktersehat

DokterSehat.Com– Sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Journal of Clinical Oncology yang melibatkan 826 partisipan berupa penyintas kanker usus besar menghasilkan fakta menarik bahwa agar bisa panjang umur, ada baiknya kita sering mengkonsumsi kacang-kacangan yang sehat seperti almond, mete, walnut, dan kacang lainnya.

Dalam penelitian yang dilakukan selama 6,5 tahun setelah para penyintas kanker ini menjalani operasi dan kemoterapi, dihasilkan fakta bahwa partisipan yang rajin mengonsumsi kacang setidaknya satu ons setiap pekan cenderung meningkatkan kemungkinan untuk bertahan hidup hingga 42 persen. Bahkan, kemungkinan untuk hidup dengan lebih sehat bisa meningkat hingga 57 persen.

Kebanyakan orang berpikir bahwa kacang memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang bisa memberikan dampak buruk bagi berat badan dan kesehatan pembuluh darah. Padahal, dalam realitanya, kacang yang diolah dengan cara yang sehat bisa memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Sebagai contoh, Mahasiswa Postdoctoral yang berasal dari Dana-Farber Cancer Institute, Boston, Amerika Serikat bahkan menyebutkan bahwa penderita kanker usus stadium 3 yang rajin makan kacang, menjaga berat badan tetap ideal, rajin berolahraga, dan menurunkan konsumsi gula dan minuman manis cenderung menurunkan risiko kambuhnya penyakit ini kembali hingga hampir 50 persen lebih rendah.

Charles Fuchs dari Yale Cancer Center, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa makan kacang bisa menurunkan resistensi insulin, salah satu kondisi yang bisa memicu diabetes. Bahkan, makan kacang bisa mendukung sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat dalam melawan berbagai macam penyakit.

Melihat adanya fakta ini, jangan ragu untuk makan kacang. Bisa bikin panjang umur dan tubuh sehat kok.