Tips Agar Olahraga Tetap Terasa Nyaman Meskipun Cuaca Panas

doktersehat olahraga setelah Lebaran
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com– Olahraga memang sangat perlu dilakukan untuk menjadikan tubuh agar tetap sehat dan bugar. Namun,tidak sedikit orang yang masih malas berolahraga dengan alasan terlalu lelah akibat bekerja seharian. Selain itu, hal lain yang menjadi alasan seseorang malas berolahraga adalah cuaca yang terasa panas.

Memang benar, berolahraga saat cuaca panas sangat membuat tak nyaman. Sebab, cuaca yang panas serta terik menyengat bisa membuat kita mengeluarkan banyak keringat dan mudah lelah, sehingga tidak bisa berolahraga dalam kurun waktu yang cukup lama.

Maka tak heran jika kita akan lebih memilih untuk bersantai di dalam rumah daripada harus berolahraga. Selain itu, ada juga rasa takut kalau kulit menjadi kering dan kusam akibat cuaca dan terik yang menyengat.

Namun, jika cuaca panas menjadi alasan agar tidak berolahraga, maka sebaiknya Anda harus perhatikan beberapa tips berikut ini agar Anda bisa tetap merasa nyamn berolahraga meskipun cuaca panas.

1. Banyak Minum Air Putih

Tips pertama yang bisa Anda lakukan saat berolahraga di cuaca panas adalah minum air putih yang banyak. Air putih dapat membantu Anda mengurangi rasa panas di dalam tubuh. Selain itu, juga bisa menyuplai energy lebih banyak ke dalam tubuh sehingga membuat Anda tidak akan merasa cepat lelah. Sebaiknya minum air putih sebelum dan pada saat berolahraga setidaknya setiap 15 hingga 30 menit.

2. Sediakan Handuk basah

Olahraga saat cuaca panas bisa menyebabkan tubuh mengeluarkan keringat lebih banyak. Oleh sebab itu, Anda harus menyediakan handuk basah untuk menyeka keringat yang keluar tersebut. Selain itu, handuk basah juga bisa membuat tubuh Anda terasa lebih dingin.

3. Lakukan Olahraga dengan Interval

Jangan berolahraga dalam satu waktu, terlebih lagi saat cuaca sedang panas. Hal tersebut akan membuat Anda cepat lelah dan tidak bisa berolahraga dalam waktu yang lama. Ada baiknya jika Anda membaginya ke dalam beberapa interval supaya tetap bersemangat saat berolahraga.