Terbit: 20 November 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Salah satu alasan yang membuat pada pria yang bekerja di kantor dari pagi sampai sore malas olahraga adalah malas dan tidak sempat. Sebenarnya, olahraga tetap bisa dilakukan sepulang kerja atau saat malam hari dengan durasi 30-60 menit. Aktivitas ini bisa dilakukan selama 3-5 kali dalam seminggu.

Tips Olahraga Malam Hari untuk Pria Kantoran

Nah, karena olahraga di malam hari lebih sering dikalahkan dengan rasa malas, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan oleh pria yang ingin melakukan olahraga di malam hari dengan tepat, semangat, dan tidak menyebabkan efek samping pada tubuh.

  1. Mencari waktu yang tepat

Bekerja selama 8 atau 9 jam di kantor untuk duduk tentu membuat Anda jadi malas kalau ingin berolahraga lagi. Duduk saja dan mengetik akan membuat punggung lelah dan akhirnya Anda lebih ingin langsung tidur begitu sampai rumah. Tidak masalah, hal ini sangat wajar meski Anda bisa melakukan olahraga di waktu yang tepat.

Biasanya 1 jam setelah sampai rumah, Anda akan merasa tidak bertenaga. Namun, setelah beristirahat selama 1 jam dan sesekali makan dan minum, energi tubuh akan kembali. Jadi, sekitar pukul 19.00 adalah waktu yang tepat untuk berolahraga. Begitu sampai rumah, jangan langsung tidur atau rasa malas muncul.

  1. Membiasakan diri selama satu bulan

Awal-awal melakukan olahraga memang akan membuat tubuh menjadi sangat lelah berlebihan. Setelah olahraga selesai Anda akan lemas dan akhirnya malas melanjutkannya esok hari. Kondisi ini sebenarnya wajar dan tubuh memang sedang menyesuaikan diri dengan keadaan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Biasanya setelah satu bulan berjalan dengan lancar, kondisi ini akan berangsur-angsur membaik. Anda akan terbiasa melakukannya dan selalu semangat setiap saat. Pasca olahraga dilakukan dengan intens, Anda akan merasakan tubuh yang lebih segar alih-alih lemas.

  1. Pilih jenis olahraga yang tepat

Pilih jenis olahraga yang sekiranya cocok dengan Anda. Jenis olahraga yang bisa dilakukan ada banyak. Kalau Anda suka sekali dengan angkat beban, ada baiknya untuk melakukannya di gym selama kurang lebih satu jam.

Kalau Anda lebih suka dengan jenis olahraga kardio, ada baiknya untuk memilih antara lari, renang, atau senam aerobik. Dari tiga jenis ini mungkin lari yang mudah dilakukan karena tidak membutuhkan tempat dan Anda bisa melakukannya di lapangan atau jalanan.

  1. Pertimbangkan makanan sebelum dan sesudah olahraga

Sebelum dan sesudah melakukan olahraga Anda disarankan untuk makan. Biasanya setengah jam sebelum berolahraga apa pun jenisnya, makanan atau minuman pre-workout harus dikonsumsi. Selanjutnya setelah olahraga usai dan diselingi istirahat selama 30-60 menit, mengonsumsi makanan yang tinggi protein sangat disarankan untuk membuat tubuh lebih bertenaga.

  1. Cari semangat dan motivasi

Tidak bisa dimungkiri lagi kalau semangat atau motivasi untuk melakukan olahraga adalah hal yang penting. Tanpa motivasi yang jelas, Anda akan kesulitan sendiri untuk berusaha konsisten. Godaan akan selalu ada dan membuat Anda akhirnya memaafkan diri sendiri untuk malas-malasan lagi.

Salah satu motivasi yang bisa Anda dapatkan adalah keinginan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dan sehat. Motivasi lain adalah memiliki teman atau pasangan untuk berolahraga sehingga tidak merasa sendiri dan tidak nyaman dan bosan melakukan semuanya berkali-kali.

Demikianlah beberapa tips yang bisa dilakukan oleh pria yang ingin melakukan olahraga di malam hari. Nah, dari beberapa ulasan di tas, mana saja yang menurut Anda susah dilakukan khususnya untuk pekerja kantoran yang menghabiskan 8 jam di dalam ruangan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi