Terbit: 10 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu moda transportasi yang paling banyak digunakan saat arus mudik adalah pesawat terbang. Tak hanya karena harga tiket pesawat yang semakin terjangkau, menggunakan pesawat terbang juga akan membuat kita lebih cepat menjangkau tempat tujuan. Sayangnya, banyak orang yang mengeluhkan sakit pada punggung dan bagian tubuh lainnya karena terlalu lama duduk di dalam pesawat.

Tips Nyaman Meski Duduk Lama di Dalam Pesawat

Dilansir dari Bustle, pakar terapi fisik dari Professional Physycal Therapy bernama Amanda Brick menyebutkan bahwa mereka yang melakukan perjalanan panjang dengan kendaraan umum seperti pesawat terbang sehingga harus duduk dalam waktu yang lama akan merasakan sensasi pegal-pegal yang luar biasa.

Brick berkata bahwa kondisi ini disebabkan oleh tidak adanya ruang yang cukup luas bagi kita untuk bergerak saat berada di dalam pesawat. Beruntung, untuk mencegah datangnya rasa sakit atau pegal-pegal ini, Brick berkata bahwa ada baiknya kita duduk dengan postur tubuh yang baik dan menempelkan punggung dengan kursi tanpa menyisakan celah sedikitpun. Jika perlu, kita juga bisa menggunakan selimut yang bisa ditempatkan di belakang punggung demi membuat tubuh menjadi lebih nyaman.

Hanya saja, Brick juga menyebutkan bahwa perjalanan dengan pesawat selama lebih dari 3-4 jam sudah cukup untuk memicu kram atau sensasi pegal pada tubuh. Ia pun menyarankan kita untuk melakukan peregangan setidaknya setiap jam atau setengah jam. Kita juga bisa mengakalinya dengan berjalan ke toilet.

Tips ini juga bisa kita terapkan saat mengendari kendaraan umum lain seperti bus atau kereta api yang bisa membuat kita duduk dalam waktu yang sangat lama. Dengan melakukan hal ini, maka kita bisa meminimalisir pegal-pegal atau tubuh yang terasa tidak nyaman saat sampai ke tujuan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi