Tips Ngemil Sehat bagi Penderita Diabetes

apel-doktersehat

DokterSehat.Com– Penderita diabetes memang tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan demi mencegah kenaikan kadar gula darah yang dikhawatirkan berpotensi menyebabkan datangnya komplikasi. Hanya saja, hal ini membuat mereka ketakutan untuk ngemil. Padahal, sebagaimana orang pada umumnya, penderita diabetes juga butuh ngemil demi mengatasi rasa lapar di antara waktu makan. Sebenarnya, apakah mereka masih boleh ngemil?

Tips aman ngemil yang bisa diterapkan penderita diabetes

Pakar kesehatan dari Diabetes UK menyarankan penderita diabetes untuk mengonsumsi camilan yang rendah lemak serta rendah gula. Hanya saja, meskipun camilan sudah memiliki label-label tersebut, bukan berarti mereka juga bisa sembarangan mengonsumsinya. Pastikan untuk membatasi porsi dan frekuensi memakannya sehingga tidak akan memberikan dampak buruk bagi kadar gula darah.

Menariknya, Diabetes UK justru tidak merekomendasikan camilan dengan label ‘diabetic’ karena seringkali harganya terlalu mahal namun tidak memberikan manfaat kesehatan yang berarti. Selain itu, mereka juga meminta penderita diabetes untuk tidak lupa memenuhi kebutuhan air putih setiap hari demi menjaga kesehatan tubuh.

Beberapa camilan yang aman untuk dikonsumsi penderita diabetes

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa jenis camilan yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Berikut adalah camilan-camilan tersebut.

  1. Buah apel

Apel dikenal sebagai buah yang kaya akan kandungan serat tinggi. Hal ini tentu akan membantu tubuh merasakan sensasi kenyang dalam waktu yang lebih lama. Selain dikonsumsi sebagai camilan, apel juga disarankan untuk dikonsumsi sebelum waktu makan demi membantu penderita diabetes mengendalikan asupan kalori dengan lebih baik yang tentu akan berimbas pada terjaganya kadar gula darah.

  1. Selai kacang almond

Selai kacang juga bisa dijadikan camilan bagi penderita diabetes, khususnya yang berupa selai kacang almond. Hanya saja, pastikan bahwa selai ini tidak memiliki kandungan gula, garam, atau minyak yang berlebihan. Jika perlu kita juga bisa mencampurkan selai ini ke buah atau yoghurt demi membuatnya menjadi lebih sehat dan nikmat.

  1. Kacang-kacangan

Selain selai kacang, kacang-kacangan dengan rasa asin seperti kacang tanah, kacang pistachio, walnut, dan kacang almond juga bisa dijadikan camilan yang baik bagi penderita diabetes. Kacang ini sebaiknya diolah dengan cara dipanggang, bukannya digoreng, dan tidak diberi tambahan garam. Dengan rutin mengonsumsi kacang ini, maka penderita diabetes akan mendapatkan nutrisi sehat seperti lemak sehat, protein, serat, asam lemak omega 3 dan asam lemak omega 6.

  1. Greek yoghurt

Greek yoghurt tinggi kandungan protein dan kalsium. Yoghurt ini juga rendah sodium namun tinggi kalium yang baik bagi kesehatan. Kita bisa mencampur greek yoghurt dengan buah-buahan atau kacang-kacangan agar bisa menjadi camilan yang sehat dan lezat.

  1. Popcorn

Popcorn yang tidak diberi tambahan perasa kaya akan kandungan serat yang baik bagi penderita diabetes. Mengonsumsinya akan membantu menjaga nafsu makan sekaligus mengendalikan kadar gula darah dengan baik. Hanya saja, pastikan bahwa popcorn yang kita beli tidak diberi tambahan gula atau perasa yang tentu memiliki kadar kalori yang tidak baik. Selain popcorn, kita juga bisa mengonsumsi almond panggang yang tak kalah sehat.

  1. Stik keju

Kita bisa membuat sendiri stik keju di rumah. Stik ini memiliki rasa yang renyah dan tinggi kandungan protein dan kalsium. Hanya saja, pakar kesehatan menyarankan penderita diabetes untuk menggunakan keju rendah lemak yang tentu akan jauh lebih baik bagi kesehatan tubuh, khususnya organ jantung yang memang cukup rentan mengalami komplikasi.