Terbit: 28 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bagi Anda para orang tua yang sulit bangun pagi, menyiapkan kebutuhan anak untuk sekolah mungkin akan jadi tantangan tersendiri. Anda harus menyiapkan sarapan, mengemasi tas sekolah anak, dan persiapan lainnya sebelum mereka terlambat. Kadang Anda juga harus menghadapi anak yang tiba-tiba rewel tidak mau berangkat ke sekolah, tentunya hal ini sangat menyita waktu. Jika merasa kewalahan menghadapi situasi tersebut, Anda bisa menyiasatinya dengan trik berikut.

Tips Mudah Menyiapkan Keperluan Anak Sebelum Berangkat Sekolah

1. Siapkan sehari sebelumnya
Cara cepat untuk menyiapkan kebutuhan Anda dan anak-anak adalah dengen menyiapkan semua kebutuhan sehari sebelumnya. Cara ini menghemat waktu Anda sehingga saat pagi hari Anda bisa fokus menyiapkan sarapan atau hal lainnya. Periksa semua buku, alat tulis dan perlengkapan sekolah anak di malam sebelumnya dan pastikan tidak ada yang tertinggal. Siapkan pula seragam dan sepatu di tempat yang mudah dijangkau untuk menyingkat waktu persiapan sekolah.

2. Siapkan menu sarapan yang praktis
Menyiapkan menu sarapan anak membutuhkan waktu yang tidak sebentar, namun tidak masalah jika Anda masih sempat untuk memasak sarapan pagi. Jika waktu Anda terbatas, sebaiknya pikirkan menu sarapan sehari sebelumnya agar Anda tidak terburu-buru keesokan harinya. Beberapa menu sarapan praktis seperti sereal, pancake, atau sandwich bisa jadi pilihan. Selain bergizi, menu tersebut juga mudah disajikan dalam waktu singkat.

3. Cek jadwal anak
Selain menyiapkan perlengkapan anak ke sekolah, Anda juga perlu memeriksa jadwal kegiatan anak untuk besok. Apakah anak Anda harus mengikuti les, ekstrakurikuler, dan kegiatan lainnya. Jika ada kegiatan di sekolah, bantu anak mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan. Jika perlu membawa bekal, maka siapkan bekalnya seperti Anda menyiapkan sarapan anak.

Jika dipersiapkan dengan baik pada malam sebelumnya, maka pagi hari Anda akan lebih mudah. Sambil menyiapkan keperluan anak, Anda juga bisa menyiapkan kebutuhan suami dan diri Anda sendiri.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi