Tips Mudah Membangunkan Anak Untuk Berangkat Sekolah

DokterSehat.Com– Membangunkan anak untuk berangkat ke sekolah bisa menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Pasalnya, anak kadang susah dibangunkan dan kadang berakhir dengan anak yang rewel atau menangis. Hal ini bisa membuat anak membenci bangun pagi atau bahkan dalam jangka panjang tidak suka dengan kegiatan sekolah. Lalu, bagaimana cara agar anak mudah dibangunkan saat pagi hari?

Tips mudah membangunkan anak untuk ke sekolah

Untuk menghindari suasana gaduh saat membangunkan anak ke sekolah, Anda bisa mencoba cara berikut:
1. Bangunkan lebih awal
Dilansir dari WebMD, salah satu kesalahan yang sering dilakukan orang tua adalah membangunkan anak ketika sudah hampir terlambat. Hal ini menyebabkan waktu Anda semakin terbatas untuk menyiapkan anak berangkat sekolah dan anak akan semakin tertekan untuk bersiap-siap. Pertimbangkan bahwa waktu mandi, sarapan dan lama perjalanan yang ditempuh kadang berbeda-beda setiap harinya. Karena itu sebaiknya bangunkan anak sekitar beberapa jam lebih awal dari jadwal bangun pagi sehari-hari.

2. Buat anak tidur lebih awal
Salah satu cara agar anak tidak susah bangun pagi adalah dengan membuat tidurnya nyenyak dan tidur pada waktu yang tidak terlalu malam. Sebelum tidur, kurangi penggunaan gawai agar anak lebih cepat tidur dan gunakan lampu redup agar anak tidur lebih nyenyak.

3. Atur jam tidur dengan baik
Anda bisa membuat aturan tentang jam tidur seperti anak harus tidur pukul 9 malam dan bangun pada pukul 5. 30 pagi. Gunakan alarm atau jam weker di kamar anak untuk memudahkan anak bangun pagi.

4. Bangunkan dengan lembut
Anda tahu anak bisa terlambat jika tidak segera dibangunkan namun hindari membangunkannya dengan cara yang kasar atau dengan paksaan. Hal ini bisa membuat anak tertekan dan makin malas berangkat ke sekolah.

5. Siapkan kebutuhan anak sehari sebelumnya
Agar waktu pagi Anda tidak terlalu sibuk mengurusi keperluan anak, Anda bisa membantu anak menyiapkan keperluan sekolah yang akan dipakai keesokan harinya. Siapkan seragam, sepatu, buku pelajaran, dan perlengkapan lain pada malam hari agar tidak memakan waktu persiapan yang lama pada keesokan harinya.