Terbit: 26 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Setelah berenang badan biasanya jadi lebih segar, tapi rambut kok jadi mekar seperti singa? Rambut terasa kasar dan kaku terjadi karena terkena klorin yang terkandung di kolam renang. Anda pastinya tidak mau itu terjadi, bukan? Untuk mencegahnya, kami sudah merangkumkan beberapa cara agar rambut tetap lembut meski setelah berjam-jam berenang. Dilansir dari Stylecraze.com, caranya terbagi menjadi dua yaitu sebelum berenang dan sesudah berenang. Anda bisa melakukan salah satunya atau untuk hasil maksimal maka lakukan keduanya.

Tips Mudah Agar Rambut Tetap Lembut Setelah Berenang

Perawatan sebelum berenang

1. Memijat rambut dengan minyak

Dengan cara ini, rambut Anda akan menjadi tahan air dan membentuk lapisan pelindung. Klorin tidak akan masuk ke kutikula dan merusak rambut Anda. Ada pun jenis minyak yang bisa Anda gunakan adalah minyak kelapa, minyak zaitun atau juga minyak argan.

2. Membasahi rambut terlebih dahulu

Rambut yang telah basah sebelum masuk ke kolam renang akan membuat air dari kolam renang tidak terlalu banyak terserap. Dan yang paling penting, cara ini mencegah residu kimia terendap di rambut Anda ketika berenang.

3. Pakai pelembab rambut

Sama halnya dengan membasahi rambut terlebih dahulu, mengaplikasikan pelembab rambut sebelum berenang juga akan membangun lapisan pelindung dari klorin dan bahan kimia bahaya di kolam lainnya. Selain itu, pelembab juga akan menutrisi folikel rambut Anda.

4. Pakai pelindung rambut

Cara yang paling mudah agar rambut tidak rusak karena klorin adalah menggunakan pelindung rambut atau swimming cap. Rambut akan tetap kering dan tidak terkena klorin atau air kolam renang sekalipun.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Perawatan setelah berenang

1. Bilas dengan sampo

Ya, cara paling sederhana untuk menghilangkan klorin dan membuat rambut tetap lembut setelah berenang adalah langsung membilasnya dengan sampo. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa gunakan pelembab rambut setelahnya.

2. Cara rumahan untuk menghilangkan klorin dari rambut

Jika setelah keramas rambut masih terasa kaku dan kering, ada beberapa cara rumahan yang bisa Anda lakukan. Di antarany adalah dengan menggunakan cuka apel. Anda akan membutuhkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:4. Campurkan ke dalam botol, kocok dan semprotkan ke rambut mulai dari akar hingga ujung rambut. Diamkan selama dua menit dan bilas lalu keringkan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi