Tips Minum Kopi bagi Penderita Diabetes

minum-kopi-doktersehat.jpg
Photo Source: Flickr/bradleypjohnson

DokterSehat.Com– Penderita diabetes harus membatasi konsumsi beberapa jenis makanan dan minuman tertentu demi mencegah lonjakan kadar gula darah. Jika sampai gula darah dalam tubuhnya tak terkendali, maka dikhawatirkan mereka akan lebih berisiko terkena komplikasi. Hanya saja, apakah penderita diabetes masih bisa minum kopi?

Meskipun konsumsinya tetaplah harus dibatasi, kopi sebenarnya masih bisa diminum oleh penderita diabetes. Menurut para peneliti yang berasal dari Wake Forest University School of Medicine yang ada di North Carolina, Amerika Serikat, disebutkan bahwa kopi memang bisa memberikan efek samping berupa menurunnya aliran darah menuju otak dengan signifikan.

Bahkan, menurut penelitian ini, penderita diabetes yang minum kopi akan mengalami penurunan aliran darah menuju bagian serebral otak hingga 27 persen. Beruntung, efek ini bisa ditekan asalkan penderita diabetes tidak sembarangan saat mengonsumsi minuman berkafein ini.

Pakar kesehatan menyarankan penderita diabetes untuk membatasi asupan kopi hingga satu cangkir saja dalam sehari. Selain itu, ada baiknya waktu minum kopi juga diperhatikan. Akan jauh lebih baik bagi penderita diabetes untuk mengonsumsinya setelah bangun pagi atau saat di sore hari, bukannya di malam hari yang bisa mengganggu kualitas tidur malam.

Meski boleh minum kopi, penderita diabetes harus mengecek kadar gula darahnya secara rutin setiap hari, khususnya setelah meminumnya. Hal ini disebabkan oleh adanya kemungkinan terjadi perubahan kadar gula darah setelah mengonsumsinya. Dengan melakukannya, maka penderita diabetes bisa mencegah datangnya efek kesehatan atau komplikasi tertentu.

Kopi yang dikonsumsi oleh penderita diabetes juga tidak boleh diberi pemanis sembarangan. Hindari pemberian gula pada kopi dan hindari kopi instan yang sudah kaya akan kandungan gula. Pilihlah pemanis yang khusus diperuntukkan bagi penderita diabetes sehingga lebih aman untuk dikonsumsi.

Selain itu, jangan lagi gunakan creamer karena kandungan kalorinya yang sangat tinggi. Jika perlu, gantilah topping kopi dengan susu bebas lemak atau nikmati kopi tanpa memakai topping sama sekali.

Dengan memperhatikan berbagai tips untuk minum kopi ini, penderita diabetes tetap bisa menikmati minuman ini tanpa perlu khawatir akan mengalami efek kesehatan.