Cara Mengobati Sakit Pinggang Secara Alami

cara-mengatasi-sakit-pinggang-doktersehat

DokterSehat.Com – Apakah Anda pernah mengalami sakit pinggang yang begitu mengganggu? Jangan pernah acuhkan sakit pinggang yang Anda derita, karena apabila tidak segera diatasi hal itu dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius. Lantas, bagaimana cara mengatasi sakit pinggang?

Cara Mengatasi Sakit Pinggang yang Bisa Anda Lakukan

Sebelum Anda mengetahui cara mengatasi sakit pinggang, perlu Anda ketahui bahwa sakit pinggang juga dapat menjalar ke kaki terutama bagian samping luar dan sebelah belakang.

Sakit pinggang menjadi masalah yang paling sering dialami oleh setiap orang, bahkan sakit pinggang adalah penyakit neurologis kedua yang paling sering dialami oleh setiap orang setelah penyakit sakit kepala.

Berikut beberapa cara menghilangkan sakit pinggang secara alami yang bisa Anda coba coba, antara lain:

1. Kalsium

Cara mengatasi sakit pinggang yang pertama adalah dengan memenuhi asupan kalsium tubuh. Kalsium membantu membentuk tulang yang kuat dan mencegah osteoporosis pada tulang belakang.

Jika sakit pada punggung belum terlalu parah, biasakan mengonsumsi makanan kaya kalsium seperti susu, sayuran berdaun hijau, wijen, keju, yoghurt dan ragi. Tulang ikan juga merupakan sumber kalsium, untuk mengonsumsinya masak dengan cara dipresto atau pepes agar tulangnya lunak dan bisa dimakan.

2. Terapi panas

Cara mengatasi sakit pinggang berikutnya adalah dengan terapi panas. Bagi Anda yang sudah mengalami nyeri punggung yang cukup kronis, lakukan terapi panas dengan menempelkan sesuatu yang panas selama 20 menit di area yang sakit. Cara mengobati sakit pinggang ini dipercaya dapat meredakan rasa sakitnya.

3. Minyak eucalyptus

Minyak eucalyptus merupakan bahan alami yang dikenal efektif menyembuhkan sakit punggung, cara mengatasi sakit pinggang ini cukup dengan mengoleskan 3-4 tetes minyak eucalyptus pada area yang sakit. Anda bisa menambahkan juga parutan jahe agar lebih hangat dan menenangkan otot.

4. Bawang putih

Panaskan minyak kelapa atau minyak wijen bersama 8 siung bawang putih, selama 1-2 menit. Lalu diamkan hingga dingin dan gunakan campuran tersebut sebagai minyak untuk memijat bagian yang sakit. Biarkan selama 3 sampai 4 jam, lalu mandilah dengan air hangat. Cara mengatasi sakit pinggang ini akan membuat punggung Anda akan terasa nyaman dan meredakan rasa sakit.

5. Teh chamomile

Chamomile memiliki efek menenangkan dan mengendurkan ketegangan otot, cara mengatasi sakit pinggang ini hanya dengan meminum 1 hingga 3 cangkir teh chamomile untuk menghilangkan rasa sakit pada punggung.

6. Pijat

Cara mengatasi sakit pinggang ini adalah sesuatu yang umum dilakukan banyak orang. Pijatan dapat meningkatkan sirkulasi, mengurangi stres, mengendurkan otot, dan meningkatkan endorfin — senyawa kimia penghilang rasa sakit yang diproduksi secara alami oleh tubuh.

Penelitian menunjukkan bahwa pijatan lebih dari sekadar merasa baik, banyak orang menemukan bahwa pijatan benar-benar membantu mengurangi sakit punggung mereka.

7. Mandi air hangat

Jangan meremehkan efek menenangkan dari mandi air hangat sebagai cara mengatasi sakit pinggang. Otot-otot Anda akan dibuat rileks sehingga memungkinkan terjadinya peregangan.

Mandi dua atau tiga jam sebelum tidur mungkin menjadi pilihan yang lebih baik. Guna memaksimalkan relaksasi, pertimbangkan menggunakan bantal mandi untuk mendukung punggung Anda saat berada di bak mandi.

8. Olahraga

Pada dasarnya, cara mengatasi sakit pinggang yang paling utama adalah berolahraga. Beberapa olahraga yang bisa dilakukan adalah yoga atau berenang. Lakukanlah olahraga secara teratur untuk mengurangi sakit pinggang.

9. Terus bergerak

Orang yang banyak bergerak ternyata lebih cepat sembuh dari sakit pinggang dibanding mereka yang hanya tidur-tiduran. Olahraga ringan seperti jalan santai ternyata mampu mengurangi sakit pinggang. Meski pada awalnya hal ini terasa sakit, cobalah untuk bergerak setiap harinya.

10. Mengubah posisi tidur

Posisi tidur yang buruk bisa memberi tekanan pada bagian-bagian tersebut yang dapat memperparah rasa sakit pada bagian pinggang belakang. Oleh karena itu, penting bagi untuk memerhatikan posisi tidur sebagai cara mengobati sakit pinggang yang Anda alami. Posisi tidur seperti apa yang baik saat sakit pinggang?

Cara mengobati sakit pinggang ini bisa dimulai dengan berbaring telentang dengan punggung lurus di atas kasur. Cara ini dianggap sebagai posisi tidur terbaik untuk sakit pinggang.

Pasalnya, punggung berada dalam posisi lurus sehingga berat tubuh dapat tertopang dengan baik secara merata. Anda bisa menempatkan bantal kecil di bawah lutut sebagai penopang tambahan sehingga posisi tubuh dari kepala hingga kaki sejajar. Hal ini juga membantu tubuh untuk menjaga lekukan alami tulang belakang.

Selain cara menghilangkan sakit pinggang seperti di atas, Anda bisa menggunakan posisi tidur menyamping dengan bantal atau guling diselipkan di antara kedua lutut. Bantal akan menjaga tulang belakang, panggul dan pinggul pada posisi yang tepat.

Jka Anda terbiasa tidur dengan memeluk guling atau bantal, Anda bisa tetap menggunakannya untuk membantu tidur lebih nyenyak dan menjaga punggung tetap sejajar.

11. Kunyit

Sebuah penelitian telah menemukan bahwa kunyit dapat berguna dalam memerangi nyeri sendi. Kandungan kurkumin dalam kunyit dipercaya sebagai antiperadangan yang baik untuk mengurangi nyeri sendi.

Penggunaan kunyit dengan dosis tinggi atau penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Sebelum Anda mengonsumsinya, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan kunyit sebagai cara mengobati sakit pinggang.

12. Makanan mengandung omega-3

Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa asam lemak omega-3 ampuh untuk mengobati peradangan otot. Ini karena asam lemak omega-3 mampu mengendalikan reaksi imun dalam tubuh.

Oleh karenanya, untuk meradakan peradangan otot di bagian pinggang, tambah asupan asam lemak omega-3 dalam menu Anda sehari-hari. Anda dapat memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3 dari ikan tuna, ikan salmon, ikan sarden, telur, dan kacang kedelai.

Penyebab Sakit Pinggang

Sakit pinggang bisa terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor, penyebab sakit pinggang yang utama adalah ketegangan otot. Hal ini dapat terjadi karena gerakan pinggang yang terlalu mendadak. Misalkan pada saat olahraga dengan bergerak terlalu mendadak dan berlebihan pada waktu mengejar atau memukul bola (tennis, golf, badminton, dan lain-lain).

Penyebab lainnya seperti mengangkat benda-benda berat dengan cara yang salah, misalnya memindahkan kursi, mengangkat koper, meja, mendorong mobil, bahkan pada waktu Anda dengan sangat gembira mengangkat anak atau cucu, di mana hal itu bisa juga menyebabkan sakit pinggang.

Selain ketegangan otot, faktor usia juga bisa menyebabkan sakit pinggang. Pengapuran tulang belakang yang terjadi pada saat usia tua dapat mengakibatkan jepitan pada saraf yang bersangkutan dan dapat mengakibatkan nyeri pinggang yang hebat juga.

Gejala sakit pinggang sangat mudah untuk dikenali yaitu adanya sakit pinggang berkisar pada sakit otot yang menusuk atau nyeri, kaku dan keterbatasan bergerak, atau ketidakmampuan berdiri tegak. Pada kondisi tertentu rasa sakit di pinggang dapat menjalar ke bagian tubuh yang lain.

Selain penyebab diatas, penyebab sakit pinggang lainnya antara lain adalah sakit batu ginjal, sindrom pramenstruasi, kehamilan, osteoporosis, obesitas, infeksi organ reproduktif pada wanita, radang kelenjar prostat hingga penyempitan jarak antar tulang belakang.