13 Tips Merawat Wajah Agar Cantik dan Glowing Paling Ampuh dan Praktis!

tips-merawat-kulit-wajah-doktersehat

DokterSehat.Com – Siapa sih yang tidak ingin memiliki wajah cantik alami? Salah satu kunci utama untuk mendapatkan wajah yang cantik alami adalah dengan melakukan perawatan wajah dengan baik. Tentunya ada banyak sekali tips merawat wajah yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkannya. Yuk, simak berbagai tips merawat kulit wajah berikut ini!

Tips Merawat Wajah

Ada banyak sekali tips merawat wajah yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan wajah yang cantik dan glowing. Langkah-langkahnya tidak selalu sulit, lho.

Berikut adalah tips merawat wajah yang wajib Anda perhatikan!

1. Ketahui Jenis Kulit Anda

Tips merawat kulit yang tepat untuk setiap orang berbeda-beda, karena karakter kulit setiap orang juga berbeda-beda.

Sebelum memilih produk perawatan kulit apapun, pastikan Anda mengetahui karakter kulit Anda. Berbeda karakter kulit tentunya akan berbeda juga kebutuhannya. Tips merawat wajah berjerawat dengan wajah tidak berjerawat tentu berbeda.

Contohnya seperti pemilik kulit berminyak dan berjerawat yang sebaiknya menghindari produk oil-based, kulit kering sebaiknya menghindari skin care mengandung alkohol, dan kulit sensitif yang sebaiknya menggunakan produk yang tidak mengandung alkohol dan juga pewangi.

Melakukan perawatan kulit yang tidak sesuai dengan kebutuhan kulit Anda akan membuat perawatan tersebut sia-sia atau bahkan memperburuk kondisi kulit Anda. Jadi, jangan lupa untuk selalu memerhatikan perkembangan kulit Anda agar perawatan yang dipilih selalu tepat sasaran.

2. Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

Melindungi kulit dari sinar matahari atau sinar UV merupakan salah satu tips merawat wajah secara alami.

Paparan sinar matahari dapat menyebabkan berbagai masalah kulit jangka pendek seperti sunburn dan juga jangka panjang seperti keriput dan bintik hitam di wajah. Lebih parahnya lagi, paparan sinar matahari juga dapat meningkatkan risiko kanker kulit.

Terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melindungi kulit dari jahatnya paparan sinar matahari seperti:

  • Menggunakan tabir surya paling tidak SPF 30 setiap hari, bahkan ketika hari mendung sekalipun
  • Menghindari sinar matahari langsung pada jam 10 pagi hingga jam 4 sore
  • Apabila tetap harus berada di luar ruangan pada jam tersebut, usahakan untuk menggunakan pakaian pelindung mulai dari baju dan celana panjang serta topi yang cukup untuk melindungi wajah Anda

3. Cuci Muka Dua Kali Sehari

Tips merawat wajah selanjutnya adalah dengan mencuci muka sebanyak dua kali sehari.

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa semakin sering mencuci wajah, kulit akan semakin bersih dan cantik. Meskipun mencuci wajah dapat membersihkan wajah, tapi mencuci wajah terlalu sering ternyata tidak baik untuk kulit.

Terlalu sering mencuci wajah akan menyebabkan wajah kehilangan kelembapannya dan menjadi kering. Kulit yang kering akan lebih sensitif dan rentan mengalami iritasi.

Selain tidak berlebihan dalam mencuci wajah, pastikan juga Anda menggunakan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

4. Jangan Lupa Gunakan Pelembap

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa menjaga kelembapan kulit adalah hal yang sangat penting.

Kulit yang terjaga kelembapannya akan terlihat lebih sehat dan tentunya lebih mudah menyerap nutrisi dari skin care yang digunakan. Pelembap bukan hanya dibutuhkan oleh kulit yang kering, tapi kulit normal hingga kulit berminyak juga membutuhkan pelembap agar tetap terjaga kelembapannya.

Pemilik kulit berminyak tetap harus menggunakan pelembap, namun disarankan untuk memilih jenis pelembap water-based dan menghindari pelembap berbahan dasar minyak.

Baca Juga: Pentingnya Menggunakan Moisturizer dan Tips Memilih Tipe Moisturizer Paling Tepat!

5. Eksfoliasi Kulit Secara Rutin

Eksfoliasi atau pengelupasan kulit berguna untuk mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit.

Eksfoliasi rutin adalah salah satu tips merawat wajah agar terlihat bersih dan cerah. Sel kulit mati dapat menumpuk di wajah dan membuat wajah terlihat kusam. Sel kulit mati ini tidak dapat terangkat hanya dengan cuci muka, sehingga eksfoliasi sangat dibutuhkan.

Salah satu cara sederhana untuk eksfoliasi adalah menggunakan scrub wajah secara rutin. Sama seperti penggunaan skin care lain, penggunaan scrub wajah juga harus disesuaikan dengan karakter kulit Anda.

Scrub juga tidak dapat digunakan setiap hari karena kulit butuh waktu untuk beregenerasi. Penggunaan scrub pada kulit normal hingga berminyak tidak diperbolehkan melebihi 3 kali seminggu. Sedangkan untuk kulit kering dan sensitif, penggunaan scrub yang disarankan adalah paling banyak satu minggu sekali.

6. Jangan Biarkan Make Up Tertinggal di Wajah

Tips merawat wajah selanjutnya adalah menggunakan make up dengan bijak dan tidak membiarkan make up tertinggal di wajah.

Selalu ingat untuk membersihkan make up sebelum tidur, karena kulit membutuhkan waktu untuk ‘bernapas’. Menggunakan make up ketika tidur membuat kulit tidak memiliki waktu untuk beristirahat dan berpotensi menyebabkan berbagai masalah kulit seperti jerawat dan komedo.

Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan peralatan make up Anda secara rutin. Alat make up yang tidak bersih dapat menyimpan bakteri yang juga berpotensi menyebabkan penyumbatan pori-pori dan jerawat.

7. Jangan Menyentuh Wajah Sembarangan

Tanpa disadari, menyentuh wajah sembarangan dapat menjadi kebiasaan yang ternyata dapat membawa masalah pada kulit Anda.

Menyentuh wajah dengan tangan yang kotor dapat menyebabkan penyebaran bakteri yang dapat memicu jerawat atau memperparah jerawat. Kebiasaan ini bahkan dapat meningkatkan tingkat keriput di wajah, terutama apabila Anda menyentuh atau menggosok wajah dengan kasar.

Apabila menyentuh wajah atau menggosok wajah untuk membersihkannya, pastikan Anda melakukannya dengan lembut dan tentunya juga dengan tangan yang bersih.

8. Jaga Pola Makan

Apa yang Anda makan juga dapat berpengaruh pada kondisi kulit Anda.

Makanan seperti buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian dan protein tanpa lemak adalah jenis makanan yang baik untuk kesehatan kulit. Penelitian menunjukkan bahwa pola makan kaya omega-3 dan rendah lemak tidak sehat serta karbohidrat olahan dapat membuat kulit tampak lebih muda.

Asam lemak omega-3 dipercaya dapat membantu kulit mempertahankan kelembapan alaminya.

Baca Juga: Kolagen: Manfaat, Sumber, Efek Samping

9. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Tips merawat wajah selanjutnya adalah mencukupi kebutuhan cairan tubuh agar kulit tetap terhidrasi.

Perawatan kulit memang tidak hanya dilakukan dari luar saja, tapi juga dari dalam. Selain memerhatikan asupan makanan, memenuhi kebutuhan cairan juga penting dilakukan untuk mencegah kulit dehidrasi. Apabila kulit dehidrasi, maka kulit akan kehilangan kelembapan alaminya dan menjadi kering.

10. Tidur yang Cukup dan Berkualitas

Tips merawat kulit wajah lainnya adalah dengan cara tidur yang cukup dan berkualitas.

Selain mencukupi jam tidur, menggunakan sarung bantal yang bersih dan lembut juga merupakan salah satu langkah perawatan kulit. Sarung bantal yang tidak bersih dapat memicu jerawat, terutama bagi Anda yang memiliki wajah acne prone.

11. Hindari Rokok

Siapa sangka kebiasaan merokok ternyata bukan hanya berpengaruh pada kesehatan paru-paru Anda, tapi juga kesehatan kulit Anda.

Rokok dapat mempersempit pembuluh darah kecil yang ada pada lapisan kulit terluar, sehingga mengurangi aliran darah dan membuat kulit pucat. Aliran oksigen dan nutrisi yang penting bagi kulit juga terhambat.

Rokok juga membuat memicu kerutan pada wajah sehingga membuat Anda terlihat lebih tua. Selain itu, rokok juga dapat merusak kolagen sehingga elastisitas kulit berkurang. Risiko kanker kulit juga dapat meningkatkan jika Anda merokok.

12. Kelola Stres

Pikiran yang sehat juga dapat memengaruhi kesehatan kulit.

Stres yang tidak terkendali dapat memicu timbulnya jerawat dan masalah kulit lainnya. Jika Anda memiliki berbagai masalah kulit tanpa mengetahui alasannya, cobalah untuk mengelola stres dengan cara melakukan hal-hal yang Anda sukai dan rasakan perbedaannya.

Baca Juga: 7 Perawatan Wajah Pria Supaya Ganteng Maksimal!

13. Jangan Tinggalkan Skin Care Routine

Hasil dari penggunakan skin care tidak akan muncul secara instan, tapi membutuhkan waktu hitungan minggu hingga bulan.

Selain menggunakan skin care yang sesuai dengan kebutuhan Anda, jangan lupa untuk menggunakan skin care secara rutin dan juga konsisten untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Perhatikan juga reaksi dari setiap skin care yang Anda gunakan. Apabila memberikan dampak negatif seperti reaksi alergi, segera hentikan penggunaannya. Kualitas dari perawatan wajah yang dilakukan tidak dapat dihitung dari jumlah produk yang Anda gunakan, tapi dari kesesuaian produk dengan kebutuhan kulit Anda.

Itu dia berbagai tips merawat wajah untuk mendapatkan wajah cantik yang bisa diterapkan oleh semua jenis kulit. Sebagian besar tips di atas bukan hanya berguna bagi kulit wajah Anda, tapi dapat juga membantu merawat kulit Anda secara keseluruhan. Selamat mencoba!

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo.

 

Sumber:

  1. BRYAN, CANDACE. 2015. 15 Things Women With Perfect Skin Do Every Day. https://www.goodhousekeeping.com/beauty/anti-aging/a34301/best-skin-care-tips/. (Diakses 21 Oktober 2019).
  2. Mayo Clinic. 2019. Skin care: 5 tips for healthy skin. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/skin-care/art-20048237. (Diakses 21 Oktober 2019).