Terbit: 21 Juni 2019 | Diperbarui: 21 November 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Rambut kering adalah kondisi yang tidak diinginkan oleh setiap wanita. Ciri-ciri rambut yang kering dan kusam di antaranya: kasar saat disentuh, terasa kaku, mudah rontok, mudah patah, dan bercabang. Penyebab rambut rusak biasanya merupakan perpaduan dari lingkungan dan kebiasaan yang tidak baik. Lantas, bagaimana cara merawat rambut kering yang bisa Anda lakukan?

13 Cara Merawat Rambut Kering yang Wajib Diketahui Wanita

Cara Merawat Rambut Kering yang Mudah dan Praktis

Sebelum menjelaskan mengenai perawatan rambut kering, perlu Anda ketahui bahwa kondisi ini bisa disebabkan akibat penggunaan produk rambut yang terlalu keras, terlalu sering mencuci rambut, sering menggunakan catok atau alat keriting rambut, sering menggunakan pewarna rambut, hingga kekurangan gizi.

Dampak lain dari rambut kering yang sering kali membuat seorang wanita tidak percaya diri adalah mengembangnya rambut dan membuatnya sulit untuk diatur. Hal penting lainnya yang harus Anda ketahui adalah rambut menjadi kering karena kulit kepala yang tidak memproduksi minyak untuk menjaga kelembapan rambut. Selain itu, ditambah dengan bertambahnya usia, maka produksi minyak akan lebih sedikit.

Berikut adalah beberapa cara merawat rambut kering yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

1. Sampo

Cara merawat rambut kering yang pertama adalah pilihlah sampo yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Pilihlah sampo khusus untuk perawatan rambut rusak dan kering.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Hindari keramas setiap hari, disarankan untuk keramas dilakukan 2 hari sekali. Namun bila sedang melakukan aktivitas diluar ruangan yang menyebabkan rambut menjadi kotor, maka Anda dapat keramas setiap hari. Bila diperlukan gunakan juga kondisioner yang dapat membantu menjaga kelembapan rambut.

2. Vitamin rambut

Cara merawat rambut kering berikutnya adalah menggunakan vitamin rambut. Cara ini berguna untuk membantu rambut mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Seperti halnya sampo, pemilihan vitamin rambut ini juga perlu diketahui jenisnya yang disesuaikan dengan kondisi kerusakan rambut.

Rambut dengan kulit kepala kering sebaiknya menggunakan vitamin rambut yang mengandung E dan B3. Sedangkan, untuk rambut kasar dan bercabang sebaiknya memilih vitamin rambut yang mengandung C. Untuk rambut rontok, Anda bisa menggunakan vitamin rambut yang mengandung biotin.

3. Peralatan rambut

Penggunaan hair dryer sebaiknya dihindari, bila memang membutuhkan rambut untuk cepat kering maka Anda bisa menggunakan kipas angin untuk membuatnya cepat kering. Selain hair dryer, peralatan rambut lainnya yang menimbulkan panas seperti catokan juga berisiko membuat rambut rusak.

Beberapa peralatan rambut sebenarnya aman digunakan, namun guna mencegah rambut kering batasi penggunaannya.

4. Sisir

Menyisir rambut dengan cepat dan kasar akan membuat rambut menjadi kusut dan rusak. Oleh karena itu, cara merawat rambut kering bisa dilakukan dengan menyisir secara perlahan dan jangan menyisir rambut yang kusut karena dapat membuatnya rontok. Gunakanlah bagian yang memiliki jarak kerenggangan yang besar agar lebih mudah dalam menyisirnya.

5. Pewarna rambut

Bila ingin melakukan pewarnaan rambut, sebaiknya memilih pewarna rambut yang aman dan tidak merusak rambut. Jangan lupa baca aturan pemakaian dan keamanan penggunaan secara mendetail di kemasan produk, dan gunakan sesuai aturan pakai tersebut.

Sebelum digunakan ke rambut, Anda disarankan untuk melakukan uji tempel pada kulit terlebih dahulu. Jika pada area kulit yang dioleskan terasa gatal atau menunjukkan tanda-tanda aneh lainnya, tunda pemakaian pewarna rambut.

6. Minyak zaitun

Minyak zaitun bisa Anda gunakan untuk mengatasi rambut kering dan mengembang. Minyak zaitun juga dipercaya melembutkan, mempertahankan kelembapan dan memperkuat hingga ke batang rambut.

Selain minyak zaitun, beberapa jenis minyak esensial dapat digunakan untuk mengatasi rambut kering. Misalnya, minyak kelapa dan almon yang dapat membuat rambut mengilap sekaligus melembutkan. Selain itu, minyak esensial lavender yang membantu mengatasi ketombe sekaligus menyehatkan rambut.

Cara pemakaiannya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan minyak di rambut Anda, tutup kepala menggunakan handuk atau shower cap, tunggu selama kurang lebih 30 menit, setelah itu bilas hingga bersih.

7. Telur

Cara perawatan rambut kering yang mudah dilakukan di rumah yaitu menggunakan telur. Telur adalah bahan makanan yang mengandung banyak lesitin yang membantu memperbaiki dan menguatkan rambut rusak, sehingga membuatnya lembap dan berkilau.

Caranya, campurkan 3 telur, 2 sendok makan minyak zaitun, dan 1 sendok makan madu. Aduk semua bahan tersebut hingga tercampur rata. Setelah itu oleskan ke kulit kepala dengan rambut yang sudah dibasahi sedikit. Tutup kepala dengan shower cap selama 30 menit kemudian kerasmaslah dengan sampo. Cara ini sebaiknya dilakukan seminggu sekali.

10. Alpukat

Kandungan vitamin A, E dan lemak jenuh yang terdapat di alpukat dapat memperbaiki kondisi rambut rusak dan kembali menguatkan batang rambut. Cara penggunaannya, lumatkan 1 buah alpukat matang dan tambahkan dua sendok makan minyak zaitun

Oleskan campuran tersebut ke rambut yang sebelumnya sudah dicuci bersih. Diamkan selama 20 menit , kemudian bilas rambut Anda hingga bersih. Cara merawat rambut kering ini bisa Anda lakukan seminggu sekali.

11. Lidah buaya

Kombinasi unik vitamin, mineral, dan asam amino yang terkandung dalam lidah buaya adalah cara merawat rambut kering yang sangat baik. Penggunaannya, Anda bisa mencampurkan mencampurkan setengah cangkir gel lidah buaya dan dua sendok minyak kelapa. Campur semua bahan tersebut kemudian oleskan dari kulit kepala hingga ujung rambut.

Tutup rambut dengan shower cap dan biarkan semalam. Pagi harinya, Anda baru bisa membilas rambut dengan sampo. Cara merawat rambut kering bisa Anda lakukan setidaknya seminggu sekali.

12. Gunakan penutup kepala

Jika aktivitas menuntut Anda banyak terpapar sinar matahari, sebaiknya gunakan topi untuk melindungi rambut dari paparan sinar matahari secara langsung. Sementara itu, guna menghindari paparan klorin dan air garam–baik di laut atau kolam renang, Anda bisa menggunakan penutup kepala.

13. Potong ujung rambut

Cara merawat rambut kering yang terakhir adalah dengan memotong ujung rambut. Rambut kering biasanya terlihat dari ujung rambut yang rusak, seperti kering atau bercabang. Memotong ujung rambut secara rutin bisa membuat tampilan rambut menjadi lebih sehat. Perawatan rambut kering ini bisa dilakukan tiap dua hingga tiga bulan sekali.

Nah, itulah beberapa cara merawat rambut kering yang bisa Anda lakukan. Selamat mencoba!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi