Terbit: 4 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Berlibur ke pantai, kurang rasanya jika tidak sekalian berenang di sana. Sayangnya, berenang di laut bisa berdampak buruk bagi rambut Anda. Dilansir dari Huffpost, air laut dapat membuat rambut kehilangan kelembapannya. Karena kandungan garam yang tinggi pada air laut bersifat osmotik, yang dapat menghilangkan kadar air pada rambut. Jangan khawatir, karena berikut ini beberapa tips merawat rambut setelah berenang di laut yang dapat Anda lakukan. Mari simak bersama!

Tips Merawat Rambut Agar Tetap Sehat Setelah Berenang di Laut

1. Gunakan Shampoo Terlebih Dulu

Sebelum berenang, cuci lebih dulu rambut Anda dengan shampoo. Anda bisa membuat sendiri shampo tersebut, salah satunya dari campuran cuka apel, air, dan tea tree oil, seperti yang dilansir dari Happily Ever Natural. Anda juga bisa menggunakan produk pre-sun terlebih dahulu, agar rambut terhindari dari paparan sinar matahari yang membahayakan.

2. Gunakan Kondisioner

Kondisioner menjaga rambut tetap lembap dan lembut. Yang jelas, penggunaan kondisioner membuat garam tidak mudah “masuk” ke rambut Anda. Produk kondisioner cukup banyak di pasaran, pilih yang memang cocok dan sesuai jenis rambut Anda.

3. Gunakan Krim Pelindung Rambut dengan SPF

Merawat rambut setelah berenang di laut, bisa dimulai dengan menggunakan krim pellindung rambut dengan kandungan SPF. Gunakan krim ini sebelum Anda berenang. Beri jeda waktu penggunaan krim ini dengan waktu Anda berenang. Agar krim dapat meresap ke dalam rambut dan bekerja sesuai fungsinya.

4. Menggunakan Masker Rambut

Setelah berenang di laut, rambut Anda kusut, masker rambut jawabannya. Campurkan madu dann buttermilk sebagai pelembap rambut yang alami. Madu dapat mengembalikan kelembapan sementara buttermilk dapat menghaluskan rambut Anda.

5. Masker Telur, Minyak Zaitun dan Alpukat

Jika rambut Anda sampai kering hingga bercabang setelah berenang di laut, masker telur, minyak zaitun dan buah alpukat bisa membantu menyelesaikan. Gunakan sebagai masker, ratakan lalu diamkan selama 10 menit sebelum Anda mencucinya dengan bersih.

Untuk merawat rambut setelah berenang di laut, bisa diawali dengan pencegahan. Gunakan beberapa tips tentang kondisioner sebelum berenang, maka rambut Anda akan terlindungi, setidaknya tidak terlalu terpapar dari bahaya air laut. Selamat mencoba!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi