Tips Merawat Kulit pada Pria

doktersehat-pria-jerawat-muka-wajah-karbunkel-bisul-besar

DokterSehat.Com– Merawat kesehatan kulit bukanlah hal yang hanya dilakukan oleh kaum wanita saja. Para pria juga diwajibkan menjaga kesehatan kulit. Apalagi, para pria kerap melakukan aktivitas yang terbilang lebih ekstrem jika dibandingkan dengan wanita. Nah, berikut sejumlah cara untuk menjaga kesehatan kulit untuk para pria.

1. Gunakan Produk yang Tepat

Salah satu cara merawat kesehatan kulit pada pria adalah dengan menggunakan produk yang tepat. Pastikan jika kandungan bahan atau formula pada produk tersebut sudah sesuai dengan jenis kulit Anda. Dilansir dari laman American Academy of Dermatology, bagi pemilik kulit sensitif sangat tidak disarakankan menggunakan produk yang beraroma. Pasalnya, tambahan zat parfum di dalamnya dapat menyebabkan iritasi.

2. Cuci Wajah Setelah Beraktivitas

Aktivitas para pria yang lebih ekstrem dan padat ternyata juga berimbas pada kondisi kulit. Tidak heran pula kulit rentan mengalami penyumbatan pori-pori oleh debu, kotoran atau bakteri. Nah, salah satu cara untuk menjaga kulit tetap sehat adalah dengan mencuci wajah setiap selesai beraktivitas. Gunakan sabun yang sesuai dengan jenis kulit.

3. Bercukurlah dengan Benar

Mencukur rambut-rambut halus di area wajah memang menjadi salah satu kegiatan rutin para pria. Namun, mencukur dengan teknik yang salah justru menyebabkan masalah pada kulit. Dilansir dari laman American Acaddemy of Dermatology, mencukur dengan teknik asal-asalan akan menarik kulit yang dapat menyebabkan munculnya garis halus.

Nah, siapa yang menyangka ternyata cara menjaga kesehatan kulit pada pria tidak jauh berbeda dengan wanita. Kendati demikian, gunakan produk yang memang dikhususkan untuk pria. Pasalnya, kulit pria memiliki variasi dan struktur yang jauh berbeda dengan kulit wanita.