Terbit: 7 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ketika berada di usia 40 tahunan, hormon yang ada dalam tubuh wanita sekali lagi berubah fungsi. Salah satu dampak yang akan muncul antara lain adalah menopause yang ditandai dengan berakhirnya masa menstruasi. Biasanya menopause akan terjadi antara usia 40an hingga 50an.

Tips Merawat Kecantikan Pasca Menopause

Nyatanya, menopause bukan hanya sekedar berakhirnya masa menstruasi. Ada banyak perubahan yang terjadi kemudian, antara berhentinya produksi kolagen dalam tubuh. Hal inilah yang menyebabkan kulit tak lagi sekenyal dulu. Semakin lama kulit akan menunjukkan tanda penuaan, keriput semakin tampak jelas.

Namun pudarnya kecantikan saat memasuki masa menopause ternyata bisa diminimalisir, bahkan dengan cara-cara sederhana. Tidak perlu biaya perawatan mahal, Anda cukup melakukan hal-hal ini di rumah:

1. Rajin Membersihkan Kulit

Walau sudah memasuki masa menopause, bukan berarti Anda melupakan kebersihan. Tetaplah rajin membersihkan wajah karena akan menjaga kesehatan kulit.

2. Moisturizer

Saat memasuki usia menopause, kulit akan semakin kering sehingga memungkinkan timbulnya semakin banyak keriput. Karenanya Anda perlu menggunakan moisturizer agar kebutuhan hidrasi kulit tetap terpenuhi.

3. Sunscreen

Jangan pernah abaikan sunscreen. Gunakan sepanjang waktu karena Anda tidak pernah tahu seberapa besar bahaya yang ditimbulkan akibat paparan sinar matahari.

4. Produk Kecantikan yang Tepat

Rajinlah melakukan eksfoliasi karena akan membuat kulit bersih dan segar. Jangan ragu untuk menggunakan produk skin ligtening agar wajah tetap bersinar. Toner juga akan membantu Anda mempertahankan waran kulit.

5. Antioksidan

Satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah asupan makanan. Perbanyaklah memakan makanan dengan kandungan antioksidan. Salah satu yang sangat dianjurkan adalah kedelai dan berbagai olahannya.

Tips di atas sangat mudah dipraktekkan, namun akan memberikan dampak yang luar biasa untuk kecantikan wanita yang sudah menopause. Walau sudah berumur, tentunya kita tak harus melupakan perawatan kecantikan, kan?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi