5 Tips Menurunkan Kadar Asam Urat

mitos-asam-urat-doktersehat

DokterSehat.Com– Menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh bisa mencegah datangnya penyakit asam urat. Bagi mereka yang sudah terlanjur mengidap penyakit ini, menurunkan kadar asam urat juga bisa mencegah datangnya gejala yang biasanya muncul di bagian persendian. Hanya saja, bagaimanakah cara untuk menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh?

Berbagai cara yang bisa dilakukan demi menurunkan zat asam urat

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa cara yang bisa kita lakukan demi menurunkan kadar zat asam urat di dalam tubuh.

Berikut adalah berbagai cara yang bisa kita lakukan tersebut.

  1. Membatasi konsumsi makanan dengan kandungan purin yang tinggi

Penyebab utama dari munculnya masalah asam urat atau gejala serangan dari penyakit ini adalah makanan dengan kandungan purin yang tinggi. Purin inilah yang kemudian dimetabolisme oleh tubuh menjadi zat asam urat yang menumpuk di persendian seperti ibu jari kaki, pergelangan kaki, jari-jari tangan, dan lainnya. Jika jumlah zat asam urat ini terus menumpuk, maka akan menyebabkan peradangan yang berujung pada serangan asam urat.

Beberapa jenis makanan tinggi purin yang sebaiknya mulai kita kurangi atau bahkan benar-benar dihindari adalah jeroan seperti hati, usus, otak, hingga paru baik itu dari daging unggas ataupun daging merah. Makanan laut layaknya kerang, cumi, udang, dan kepiting, daging merah, hingga beberapa jenis sayuran dan camilan layaknya emping juga sebaiknya dihindari.

Selain makanan tinggi purin, konsumsi minuman beralkohol dan minuman dengan kandungan gula tinggi juga sebaiknya dibatasi.

  1. Menerapkan pola makan yang sehat

Selain menurunkan asupan makanan dengan kandungan purin yang tinggi, kita juga harus menerapkan pola makan yang jauh lebih sehat. Sebagai contoh, beberapa jenis sayuran yang memiliki kandungan purin yang rendah, buah-buahan, olahan gandum, hingga produk susu dengan kandungan lemak yang rendah bisa dijadikan pilihan.

Mengonsumsi makanan-makanan sehat akan membantu tubuh menjalankan berbagai fungsinya dengan baik, termasuk bagi ginjal dalam membuang kelebihan zat asam urat di dalam tubuh.

  1. Mengonsumsi suplemen vitamin C

Mengonsumsi suplemen vitamin C tak hanya akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi semakin kuat sehingga kita tidak akan mudah jatuh sakit. Pakar kesehatan menyebut hal ini juga bisa membantu mengendalikan kadar asam urat di dalam tubuh. Meskipun begitu, anggapan ini sebenarnya juga masih menjadi perdebatan dan membutuhkan penelitian lebih mendalam.

Satu hal yang pasti, konsumsi suplemen vitamin C asalkan tidak berlebihan dan dalam jumlah yang tepat bisa memberikan manfaat kesehatan. Jadi, penderita asam urat boleh-boleh saja mengonsumsinya.

  1. Minum kopi

Tak disangka, minum kopi secara teratur teratur ternyata juga membantu menyeimbangkan kadar asam urat di dalam tubuh. Hal ini dibuktikan oleh beberapa penelitian yang ditujukan untuk mengetahui manfaat kebiasaan minum kopi.

Dalam penelitian-penelitian tersebut, dihasilkan fakta bahwa rutin minum kopi juga bisa membantu menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular. Hanya saja, kopi yang dimaksud adalah kopi hitam yang tidak diberi tambahan gula, krimer, karamel, susu, atau tambahan lain yang berpotensi membuat asupan gula harian menjadi berlebihan.

Meskipun begitu, pakar kesehatan menyarankan penderita asam urat untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu jika ingin minum kopi demi mendapatkan manfaatnya dengan maksimal.

  1. Tidak sembarangan minum obat

Beberapa jenis obat-obatan ternyata tidak bisa dikonsumsi dengan sembarangan oleh penderita asam urat karena bisa membuat risiko terkena gejala serangan penyakit ini meningkat. Mereka harus berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum minum obat demi menjaga kadar asam urat di dalam tubuh tetap seimbang.