Terbit: 21 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kemandirian anak tidak tumbuh dengan sendirinya lho Mom. Orang tua perlu berperan aktif dalam pembentukan kemandirian anak. Bagaimana cara melatih anak agar bisa bersikap mandiri?

Tips Menumbuhkan Kemandirian pada Anak

Photo Credit: pexels.com

Cara melatih anak agar mandiri dalam segala hal

Proses melatih anak untuk mandiri butuh waktu yang panjang, untuk itu sebaiknya Anda melatih si kecil mandiri mulai sejak dini. Para pakar menilai usia di atas 1 tahun adalah usia yang ideal untuk memulai membentuk kemandirian anak. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melatih kemandirian anak antara lain:

1. Bentuk rutinitas yang positif

Sebagai langkah awal, Anda bisa melatih anak untuk memiliki rutinitas positif seperti bangun pagi, mandi, lalu sarapan dan bermain. Ketika makan, Anda bisa melatihnya secara perlahan-lahan untuk makan sendiri. Meskipun belum bisa menggunakannya dengan benar, namun lambat laun ia akan memahami bahwa ia harus bisa makan sendiri tanpa dibantu orang lain.

2. Jangan terlalu cepat membantu si kecil
Hindari memberi bantuan terlalu cepat bagi si kecil. Biarkan ia menyelesaikan masalahnya dahulu sebisanya, baru Anda turun tangan. Dengan demikian, anak juga akan berlatih untuk memaksimalkan kerja kerasnya terlebih dahulu.

3. Libatkan anak dalam pekerjaan rumah tangga
Mengajak anak untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga bisa dimulai sejak anak berusia 2 tahun. Cara ini bisa dimulai dari melatih anak untuk cuci piring, membuang sampah, membereskan mainannya, dan merapikan kamar tidur.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

4. Latih anak untuk mengerjakan tugas sederhana
Ketika anak semakin besar, Anda bisa melatihnya melakukan hal sederhana seperti melepas pakaian sendiri, melepas dan menggunakan sepatu, cuci tangan sendiri sebelum dan sesudah makan, dan tugas sederhana lainnya yang erat kaitannya dengan kemandirian.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi