Tips untuk Menjaga Konsisten dalam Latihan Beban

doktersehat-tips-fitnes
Photo Credit: pexels.com

DokterSehat.Com– Dalam mendapatkan sebuah impian, tentunya kita harus berjuang dan bersusah payah terlebih dahulu. Sebab, tidak ada sesuatu yang sifatnya instan, maka dari itu kita harus lebih sadar bahwa jika kita tidak konsisten, maka impian tersebut hanyalah sebuah mimpi tanpa menjadi kenyataan. Hal tersebut juga berlaku untuk urusan kebugaran.

Sampai saat ini, tak sedikit orang yang menginginkan kebugaran, namun setengah-setengah dan terkesan tidak serius dalam melakukan latihan, apalagi latihan tersebut adalah latihan angkat beban. Ada banyak alasan yang mereka kemukakan, salah satunya adalah karena lelah dan merasa pegal setelah melakukan latihan.

Perlu diketahui, semua olahraga pasti akan melelahkan, tapi di balik lelah itu ada segudang manfaat yang bisa kita dapatkan. Khusus untuk latihan beban, kita memang dituntut untuk mengeluarkan energi lebih banyak sehinggat tak jarang tubuh menjadi lemas dan terasa pegal.

Namun, ketahuilah bahwa rasa pegal tersebut sifatnya hanya sementara. Jika kita tetap konsisten dalam berlatih, maka pegal itu tidak akan kita rasakan lagi sebab tubuh sudah terbiasa dan terlatih. Nah, agar konsisten tetap terjaga, ada baiknya kita mengetahui beberapa tips berikut ini.

1. Ingat dengan Tujuan

Hal pertama yang harus kita pikirkan saat malas berlatih adalah tujuan. Ya, kita mengikuti latihan beban sudah pasti ada tujuannya, bukan? Nah, untuk mendapatkan tujuan itu memang perlu usaha. Jadi, ketika kita sudah setengah jalan, namun merasa malas latihan lagi, alangkah sangat disayangkan. Untuk itu, tetap fokus pada tujuan awal kita.

2. Jangan Latihan Terlalu Keras

Jika kita tergolong sebagai pemula dalam dunia kebugaran, alangkah baiknya kita menyesuaikan diri terlebih dahulu dengan latihan sewajarnya saja. Sebab, biasanya pemula akan sangat semangat dan terobsesi untuk mencoba semua alat fitnes. Hal itu justru membuat otot menjadi sangat kapok dan akhirnya menyebabkan rasa nyeri dan pegal yang tak tertahankan.

3. Tetap Latihan Walau Pegal

Bukan hal yang aneh lagi jika latihan beban akan menimbulkan rasa nyeri dan sakit pada beberapa bagian tubuh. Bahkan, nyeri tersebut membuat kita menjadi susah bergerak dan beraktivitas. Biasanya, banyak yang merasa jera dan enggan untuk latihan lagi. Padahal, jika kita meneruskan latihan, nyeri tersebut akan hilang secara perlahan, daripada harus berdiam diri di rumah.