Terbit: 15 Mei 2020 | Diperbarui: 16 Mei 2020
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter


Menerapkan cara menjaga kesehatan mata harus tekun dilakukan untuk mencegah katarak dan penyakit mata lainnya. Perlu diketahui bahwa jumlah orang yang memakai kacamata dari tahun ke tahun terus bertambah dengan drastis! Nah, untuk menghindarinya, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan sehari-hari agar senantiasa tetap sehat. Baca terus untuk mendapatkan informasi lengkapnya di bawah ini!

cara-menjaga-kesehatan-mata-doktersehat

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga mata tetap sehat dan terhindar dari mata minus atau plus sangatlah mudah bila Anda melakukannya secara rutin dan sabar. Cara sederhana bisa dilakukan seperti melakukan perubahan gaya hidup hingga menjaga pola makan sehat.

Berikut ini adalah sejumlah cara menjaga kesehatan mata:

1. Rutin Periksa Mata Setiap 12 Bulan

Cara merawat kesehatan mata yang pertama adalah rutin memeriksakan mata Anda setiap 12 bulan sekali. Masalah penglihatan yang tidak segera ditangani akan berkembang semakin parah.

Rutin menjalani tes kesehatan mata juga dapat menemukan penyakit seperti glaukoma. Jadi, sangat penting untuk mengetahuinya sejak dini agar lebih mudah dirawat. Glaukoma adalah kerusakan saraf mata yang disebabkan peningkatan tekanan pada bola mata.

Berikut beberapa pemeriksaan kesehatan mata secara komprehensif:

  • Berkonsultasi tentang riwayat medis pribadi dan keluarga pada dokter spesialis mata.
  • Tes penglihatan untuk melihat apakah mengalami rabun dekat, rabun dekat, astigmatisme (kornea melengkung yang mengaburkan penglihatan), atau presbiopia (perubahan penglihatan kerena usia).
  • Tes untuk melihat seberapa baik mata berfungsi.
  • Tekanan mata dan tes saraf optik untuk memeriksa glaukoma.
  • Pemeriksaan eksternal dan mikroskopis mata sebelum dan sesudah pelebaran.

2. Menggunakan Kacamata Anti-UV

Cara menjaga kesehatan mata berikutnya menggunakan kacamata anti-ultraviolet (UV), terutama saat beraktivitas di luar ruangan. Seperti kita ketahui, sinar UV dapat membuat kerusakan serius pada mata.

Menggunakan kacamata yang tepat dapat mencegah kerusakan mata, seperti kacamata yang terbuat dari jenis polycarbonate yang sekitar 10 kali lebih kuat daripada jenis plastik lainnya.

Ketika membeli kacamata khusus antiradiasi, pastikan yang dapat memantulkan radiasi sinar ultraviolet paling tidak 98%.

3. Asupan Nutrisi yang Cukup

Cara menjaga kesehatan mata selanjutnya dengan menjaga asupan nutrisi. Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa vitamin ( vitamin A, C dan E), mineral (zinc), dan antioksidan dapat mencegah atau paling tidak memperlambat degenerasi makula dan pertumbuhan katarak. Nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh juga baik untuk mata.

Makanan yang mengandung nutrisi penting ini terdiri dari berbagai macam sayuran dan buah-buahan yang berwarna-warni, di antaranya:

  • Wortel
  • Stroberi
  • Paprika merah
  • Brokoli
  • Bayam
  • Jeruk
  • Ubi

Sementara makanan yang kaya akan asam lemak omega-3, termasuk salmon dan biji rami, yang disarankan untuk menjaga kesehatan mata.

4. Penuhi Asupan Karotenoid

Nutrisi lainnya seperti karotenoid, juga sangat berperan penting untuk meningkatkan kesehatan mata. Karotenoid yang ditemukan di retina adalah lutein dan zeaxanthin. Vitamin ini juga bisa ditemukan dalam sayuran hijau seperti brokoli, zukini, dan telur. Lutein dan zeaxanthin juga dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen.

Karotenoid memiliki kemampuan dalam membantu melindungi makula dengan meningkatkan kepadatan pigmen di bagian mata dan menyerap sinar ultraviolet dan cahaya biru.

5. Penggunaan Cahaya yang Cukup

Bekerja dengan cahaya minim dapat menyebabkan kelelahan mata, tapi cahaya yang terlalu terang juga tidak baik. Cara menjaga kesehatan mata yang tepat adalah dengan mengarahkan cahaya terbaik.

Jika bekerja menggunakan komputer, gunakanlah lampu meja bercahaya lembut dari arah samping. Kurangi juga tingkat terang (brightness) monitor komputer. Warnanya memang jadi tak terlalu tajam, tapi mata akan jadi lebih nyaman.

Baca Juga: Katarak: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

6. Menggunakan Filter Monitor

Guna mengurangi sinar yang menyilaukan dan radiasi yang dipancarkan monitor komputer atau smartphone, gunakanlah filter glass monitor. Jangan lupa, tanyakan pada toko perlengkapan komputer untuk mendapatkan filter yang terbaik dan mampu mengurangi pengaruh radiasi, bukan hanya sekadar meredupkan cahaya monitor.

7. Posisikan Kertas Kerja dan Komputer dengan Tepat

Cara menjaga kesehatan mata ini juga sangat membantu ketika sedang bekerja di depan komputer. Jika Anda harus bekerja dengan menyalin atau membaca kertas kerja, maka letakkan kertas kerja tersebut dalam jarak yang seimbang dengan monitor Anda. Cara ini agar Anda tidak perlu bolak-balik memfokuskan pandangan untuk membaca kertas kerja, setelah membaca di layar monitor.

8. Istirahatkan Mata

Cara menyehatkan mata ini sangat sederhana, Anda cukup istirahat beberapa saat. Hampir semua orang merasakan mata mereka jadi tidak nyaman setelah seharian berada di depan layar komputer. Hal ini menyebabkan mata berkedip 25% lebih sedikit dari biasanya, yang menyebabkan mata menjadi kering.

Salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan adalah sesekali menutup mata selama lima detik. Cara lainnya adalah berpaling dari layar monitor dan fokus pada sebuah objek yang jauh. Lakukan cara ini selama beberapa menit setiap 30 menit.

9. Gunakan Lensa Kontak Berkualitas

Jika Anda menggunakan lensa kontak, ada beberapa hal yang harus diperhatikan karena tidak semua lensa kontak sama. Ada yang aman untuk mata Anda dan ada juga yang berisiko merusak mata. Cara menjaga kesehatan mata untuk kasus ini adalah cermat memilih lensa kontak dengan kualitas yang baik.

Tak hanya kualitas, cara menggunakan lensa kontak juga harus dilakukan dengan benar. Mata pada dasarnya sangat rentan terhadap kuman dan infeksi. Bahkan beberapa hal yang mengiritasi mata dapat mengganggu penglihatan. Oleh karena itu, selalu mencuci tangan sebelum menyentuh mata atau memegang lensa kontak.

10. Rajin Merawat Lensa Kontak

Cara menyehatkan mata dengan merawat lensa kontak tidaklah begitu merepotkan, tapi Anda juga tak dapat mengabaikan kebersihannya. Setiap kali akan memakai atau melepaskan lensa kontak Anda, bilaslah hingga bersih.

Gantilah lensa kontak seperti yang disarankan oleh produsen lensa kontak atau dokter Anda karena kuman di lensa kontak dapat menyebabkan infeksi bakteri pada mata. Anda juga harus mengganti cairannya ketika menaruh lensa kontak di tempatnya ketika hendak tidur di malam hari.

11. Menggunakan Lensa Kontak sesuai Jadwal

Ada orang memakai lensa kontak lebih lama daripada yang dimaksudkan. Ini bukanlah contok yang baik. Meskipun kualitas lensanya tidak akan berkurang, tumpukan protein dapat mengaburkan penglihatan mata.

Hal lain yang harus dipertimbangkan adalah semakin lama Anda memakai lensa kontak, semakin tinggi risiko mata terkena infeksi. Sebaiknya gunakan kontak lensa ketika diperlukan saja dan lepaskan setiap Anda hendak tidur malam.

12. Berhenti Merokok

Selain berbahaya bagi paru-paru, jantung, rambut, kulit, gigi, dan hampir semua bagian tubuh lainnya, merokok juga dapat mengganggu kesehatan mata. Merokok secara berlebihan bisa meningkatkan risiko terkena katarak dan degenerasi makula terkait usia.

Semakin lama menghindari rokok, semakin banyak pembuluh darah mendapat manfaat dan peradangan mereda di seluruh mata.

13. Pertahankan Kebugaran Tubuh

Tidak hanya membentuk otot dan mempertahankan berat badan yang sehat, rajin berolahraga adalah salah satu cara menyehatkan mata. Olahraga dapat membantu mencegah penyakit yang menyebabkan gangguan pada mata, seperti diabetes.

Penyakit diabetes tipe 2 yang lebih sering terjadi pada orang yang obesitas dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah kecil di mata. Kondisi ini disebut retinopati diabetik. Terlalu banyak gula yang bersirkulasi dalam aliran darah bisa melukai dinding halus arteri.

Retinopati diabetik menyebabkan arteri yang sangat kecil di retina (bagian belakang mata yang peka terhadap cahaya) membuat darah dan cairan bocor ke dalam mata, yang pada akhirnya merusak penglihatan. Jadi, rajinlah memeriksa kadar gula darah secara teratur, tetap bugar, dan kontrol berat badan untuk menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 dan sejumlah komplikasinya.

14. Dapatkan Udara Segar

Manfaat udara segar tidak hanya bagus untuk paru-paru dan jantung. Udara segar secara langsung juga dapat memasok oksigen ke kornea mata karena kornea bisa mengalami kekurangan suplai oksigen. Oleh karena itu, pastikan mata dapat menyerap udara segar sebanyak mungkin.

15. Hindari Menggosok Mata

Cara menyehatkan mata berikutnya dengan tidak menyentuh atau menggosok mata ketika terasa mengantuk, kelilipan, dan perih. Ini karena menggosok mata dapat merusak mata!

Perlu diperhatikan, kondisi tangan tidak selalu dalam keadaan bersih karena bisa saja tangan terdapat sejumlah kuman atau bakteri yang menyebabkan berbagai jenis penyakit dan infeksi. Oleh karenanya, lebih baik hentikan kebiasaan tidak sehat ini. Jika sulit, pastikan untuk menjaga tangan selalu bersih dengan mencuci tangan menggunakan sabun.

Baca Juga: 15 Makanan untuk Kesehatan Mata yang Sangat Bagus

Bagaimana Cara Tes Kesehatan Mata?

Memastikan kesehatan mata adalah dengan rajin memeriksakannya ke dokter spesialis mata. Dokter dapat membantu mengetahui kondisi mata secara pasti dan mungkin akan memberikan saran yang harus dilakukan jika Anda mengalami masalah pada mata.

Berikut ini adalah panduan singkat untuk tes kesehatan mata:

  • Applanation Tonometry. Tes ini mengukur jumlah tekanan yang diperlukan untuk meratakan sebagian kornea. Pembacaan tekanan membantu dokter mendiagnosis dan melacak glaukoma.
  • Topografi kornea. Tes terkomputerisasi ini dapat memetakan kurva kornea untuk menunjukkan masalah pada permukaan mata, seperti pembengkakan, jaringan parut, atau kondisi seperti astigmatisme.
  • Fluorescein angiogram. Tes Ini dapat memudahkan dokter melihat seberapa baik darah mengalir di retina. Cara ini membantu mendiagnosis retinopati diabetik, ablasi retina, dan degenerasi makula.
  • Tes pupil dilatasi. Dokter akan menggunakan obat tetes khusus untuk memperluas pupil mata (biasanya disebut dilatasi). Ini memungkinkan dokter memeriksa retina untuk tanda-tanda penyakit.
  • Pembiasan. Tes kesehatan mata ini digunakan dokter untuk mendapatkan resep kacamata. Anda diharuskan melihat grafik, biasanya dalam jarak 20 kaki. Anda akan melihat melalui alat khusus yang disebut phoropter untuk memudahkan dokter menggerakkan lensa dengan kekuatan berbeda di depan mata. Anda bisa memberi tahu jika pandangan terlihat jelas atau buram.

 

  1. Anonim. 2018. How to Keep Your Eyes Healthy. https://www.webmd.com/eye-health/good-eyesight#1. (Diakses pada 15 Mei 2020)
  2. Anonim. 2018. A Glossary of Eye Tests and Exams. https://www.webmd.com/eye-health/eye-tests-exams#1. (Diakses pada 15 Mei 2020)
  3. Roland, James. 2017. 10 Ways to Improve Your Eyesight. https://www.healthline.com/health/how-to-improve-eyesight#stay-fit. (Diakses pada 15 Mei 2020)
  4. Malik, Usman. Tanpa Tahun. 20 Tips for Optimal Eye Health. https://irisvision.com/20-tips-for-optimal-eye-health/. (Diakses pada 15 Mei 2020)



DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi