Terbit: 11 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bukan hanya orang dewasa saja yang perlu memerhatikan kesehatan mata, namun juga anak-anak. Kondisi mata anak yang kurang optimal dapat mengganggu berbagai aktivitasnya. Untuk itu orangtua perlu secara aktif ikut menjaga kesehatan mata anak.

Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak

Beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua untuk menjaga kesehatan mata anak antara lain:

Jaga kebersihan mata anak
Ajarkan pada anak untuk menjaga kebersihan mata dengan cara tidak mengucek mata saat keadaan tangan kotor. Saat mata anak kemasukan debu, bantu ia mengeluarkan debu dengan mengedipkan mata.

Hindari cedera mata
Untuk menjaga kesehatan mata, hindarkan anak dari cairan yang berbahaya seperti pembersih kaca, pelembut pakaian, dan produk kimiawi lainnya yang dapat mengiritasi mata. Saat mata anak kemasukan cairan tersebut, siram dengan air matang dan jangan dikucek. Mengucek mata saat kemasukan benda asing dapat membuat kornea lecet yang dapat menimbulkan infeksi atau megurangi ketajaman penglihatan.

Ajarkan kebiasaan membaca yang baik
Jika anak Anda hobi membaca, maka biasakan untuk membaca dalam jarak minimal 30 cm antara mata dan buku. Semakin dekat jarak baca semakin membebani mata untuk menyesuaikan dengan jarak. Pastikan anak membaca dalam cahata yang cukup dan posisi duduk yang baik.

Kurangi screen time pada anak
Batasi waktu anak menggunakan gadget maksimal 2 jam sehari. Saat anak bermain gadget, selingi dengan aktivitas lain untuk mengurangi mata lelah. Hindari menggunakan gadget di tempat yang gelap sambil posisi berbaring dan beri jarak pandang yang cukup.

Beri makanan bergizi
Beberapa makanan yang disarankan untuk dikonsumsi agar mata tetap sehat antara lain pepaya, pisang, mangga, wortel, dan telur. Makanan sehat dapat meningkatkan kesehatan mata dan mengurangi risiko katarak.

Rutin periksa mata
Untuk memantau kondisi kesehatan mata, sebaiknya lakukan pemeriksaan rutin ke dokter mata setidaknya dua tahun sekali. Dengan pemeriksaan rutin Anda dapat mendeteksi gangguan kesehatan mata seperti mata minus, mata malas (ambliopia), dan hiperopia.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi