Terbit: 27 Februari 2018
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Seseorang yang memiliki penyakit diabetes, biasanya memiliki kadar gula darah yang tinggi. Memiliki kadar gula darah yang tinggi bisa menimbulkan banyak gangguan pada tubuh, mulai dari mata, jantung, ginjal hingga rongga mulut.

doktersehat-sikat-gigi

Untuk diketahui, gangguan dalam rongga mulut seorang penderita diabetes yang sering muncul adalah: infeksi jamur, mulut kering, menurunnya kemampuan mengecap, radang gusi, gigi goyang hingga gangguan dalam penyembuhan luka di dalam mulut.

Dari sekian banyak gangguan dalam rongga mulut yang terjadi, radang jaringan pendukung gigi (gusi dan tulang alveolar) adalah gangguan yang paling sering ditemukan pada penderita diabetes. Selain itu, infeksi jaringan pendukung gigi yang cukup parah bisa meningkatkan kadar gula darah. Akibatnya penyakit diabetes semakin sulit dikontrol.

Apa yang harus anda lakukan?
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan pemantauan kadar gula secara rutin untuk menjaga kadar gula darah Anda dalam batas normal. Tingkat gula darah normal sebelum makan 70-130 mg/dL, sedangkan setelah delapan jam puasa kadar gula biasanya menunjukkan angka kurang dari 100 mg/dL. Seperti diketahui, kadar gula darah tinggi dianggap sebagai pertanda bahwa kondisi tubuh Anda sedang tidak sehat.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk menjaga kesehatan gigi, khususnya bagi penderita diabetes

  1. Batasi asupan manis

Untuk membantu mencegah datangnya masalah pada gigi sekaligus mengobati diabetes, Anda harus melakukan diet yang sehat. Diet sehat akan membantu Anda untuk mengurangi konsumsi gula yang berlebih sehingga kadar gula dalam darah dapat berkurang. Hal ini akan memungkinkan insulin untuk mengontrol kembali kadar gula dalam darah menjadi normal kembali.

  1. Olahraga teratur

Dengan berolahraga, maka Anda akan membantu tubuh untuk membakar kelebihan gula yang menumpuk di dalam tubuh Anda. Konsumsi gula yang berlebihan akan mengakibatkan penumpukan gula karena sistem kerja pembakaran energi pada tubuh yang tidak sebanding dengan jumlah gula yang Anda konsumsi. Pada akhirnya, olahraga mengembalikan kesehatan tubuh  serta menyembuhkan masalah yang terdapat pada gigi.

  1. Menjaga kebersihan rongga mulut

Sikatlah gigi dua kali sehari, pada pagi hari setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Untuk menghindari luka pada gusi ketika menyikat gigi, gunakan sikat gigi yang lembut dan sikat secara perlahan menggunakan pasta gigi ber-fluoride. Selain itu, gunakanlah obat kumur antibakteri yang bebas alkohol, terutama jika Anda mengalami gangguan mulut kering.

Bila Anda menggunakan gigi palsu yang bisa dilepas, pastikan Anda melepasnya ketika tidur malam dan jangan lupa bersihkan gigi palsu Anda setiap hari. Sementara itu, jika Anda mempunyai kebiasaan merokok, sepertinya Anda harus menghentikan kebiasaan ini. Merokok dapat memperbesar komplikasi yang serius pada penderita diabetes.

  1. Konsumsi obat diabetes atau suntik insulin

Meski diabetes tidak bisa disembuhkan, pendeteksian sejak dini memungkinkan kadar gula darah penderita diabetes bisa dikendalikan. Tujuan pengobatan diabetes adalah untuk mengatasi diabetes, mempertahankan keseimbangan kadar gula darah dan meminimalisasi risiko komplikasi.

Keseimbangan kadar gula darah pada penderita diabetes terkadang tidak bisa terjaga dengan baik hanya dengan penerapan pola makan sehat dan olahraga teratur. Anda juga mungkin membutuhkan obat-obatan untuk menanganinya.

Nah, itulah beberapa tips menjaga kesehatan gigi dan mulut untuk penderita diabetes. Gangguan yang akan terjadi di dalam rongga mulut akan terhindar apabila Anda memiliki komitmen untuk tetap menjaganya agar tetap sehat.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi