Terbit: 7 Februari 2020
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Aktivitas membersihkan diri adalah aktivitas yang biasa kita lakukan sehari-hari. Setiap sebelum memulai atau setelah beraktivitas tentunya kita terbiasa untuk membersihkan diri. Ada banyak sekali alasan untuk menjaga kebersihan diri atau personal hygiene. Salah satunya adalah tentu karena rasa kotor bisa membuat diri kita sendiri dan juga orang-orang di sekitar kita merasa tidak nyaman.

7 Tips Menjaga Kebersihan Diri, Ternyata Mudah Banget, Lho!

Tapi apakah langkah kita dalam menjaga kebersihan diri selama ini sudah benar? Apakah selama ini kita sudah cukup bersih dan mampu untuk menjaga kesehatan fisik dan mental kita? Yuk, cari tahu tentang pentingnya menjaga kebersihan diri dan bagaimana cara menjaga kebersihan diri di sini!

Apa Pentingnya Menjaga Kebersihan Diri?

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa salah satu alasan mengapa kebersihan diri menjadi penting adalah karena alasan kenyamanan. Bukan hanya kenyamanan untuk diri sendiri, tetapi juga kenyamanan orang di sekitar Anda. Tentunya Anda sendiri akan merasa risih jika melihat orang yang kurang menjaga kebersihan diri seperti membiarkan dirinya bau badan, bau mulut, atau memiliki kuku yang kotor.

Selain itu, pentingnya membersihkan diri tentunya juga berkaitan erat dengan kesehatan. Bisa dikatakan bahwa kebersihan merupakan salah satu kunci dari kesehatan. Jika tidak menjaga kebersihan diri, tentunya bakteri dan virus penyebab berbagai penyakit juga akan lebih mudah menyerang dan berkembang di tubuh kita.

Jadi, kebersihan diri memang merupakan hal yang penting demi penampilan kita di masyarakat maupun untuk diri kita sendiri. Tandanya kita tidak memiliki alasan untuk tidak menjaga kebersihan diri meskipun tidak setiap saat harus berinteraksi dengan dunia luar. Lalu, bagaimana cara menjaga kebersihan diri yang baik itu?

Tips Menjaga Kebersihan Diri

Menjaga kebersihan diri bukanlah hal yang sulit. Bahkan sebenarnya, aktivitas membersihkan diri adalah memang merupakan aktivitas yang lazim kita lakukan sehari-hari. Berikut adalah tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk dapat menuju personal hygiene yang maksimal!

1. Sikat gigi sesudah makan dan sebelum tidur

Cara pertama untuk menjaga kebersihan diri adalah dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut. Tujuannya menjaga kebersihan gigi dan mulut adalah untuk mencegah gigi berlubang, bau mulut, dan gangguan gigi dan mulut lainnya. Caranya adalah dengan menggosok gigi paling tidak dua kali sehari.

Waktu paling ideal untuk menyikat gigi adalah setelah makan dan sebelum tidur. Banyak orang yang mengabaikan sikat gigi sebelum tidur, padahal aktivitas ini sangat penting untuk dilakukan, karena bakteri perusak gigi jauh lebih aktif pada malam hari ketika Anda tidur.

Sikat gigi paling tidak selama dua menit secara lembut namun menyeluruh. Gunakan sikat gigi yang lembut agar tidak melukai gusi dan jangan lupa untuk rutin mengganti sikat setiap 3 bulan sekali untuk menjaga kebersihannya. Pilihlah pasta gigi dengan formula yang ringan namun bisa membersihkan gigi dengan maksimal.

2. Menjaga kebersihan rambut

Tips selanjutnya untuk menjaga kebersihan diri adalah dengan menjaga kebersihan rambut. Caranya adalah dengan keramas secara rutin paling tidak 2 hingga 3 kali seminggu. Keramas terlalu sering juga tidak baik karena bisa membuat kulit kepala kering dan rambut menjadi lebih rapuh.

Tapi jika memang keadaan rambut Anda sedang sangat perlu dibersihkan, maka tidak ada salahnya keramas menggunakan shampo dua hari berturut-turut. Pilihlah sampo dan kondisioner yang sesuai dengan kondisi rambut dan kulit kepala Anda agar sampo dapat merawat rambut dengan maksimal.

3. Mandi dua kali sehari

Setiap daerah memang memiliki iklim yang berbeda sehingga aktivitas membersihkan dirinya juga berbeda-beda. Jika berbicara tentang Indonesia yang memiliki iklim tropis, mandi dua kali sehari adalah hal yang wajar. Umumnya mandi dilakukan pada pagi hari sebelum memulai aktivitas dan juga sore atau malam hari setelah selesai beraktivitas.

Anda juga perlu untuk menyisipkan kegiatan seperti scrubbing paling tidak seminggu sekali. Tujuannya adalah untuk membersihkan kulit lebih maksimal dengan mengangkat sel-sel kulit mati yang mungkin tidak bisa dibersihkan hanya menggunakan sabun biasa.

4. Cuci tangan dengan sabun

Kebiasaan yang satu ini meskipun sederhana namun sangat penting untuk menjaga kebersihan diri. Cuci tangan dengan sabun sangatlah penting untuk dilakukan terutama pada saat sebelum dan sesudah makan, setelah menggunakan toilet, sebelum berinteraksi dengan anak kecil, sebelum dan sesudah memasak, atau setelah bermain dengan hewan peliharaan.

Cuci tangan paling baik adalah menggunakan sabun dan dengan air mengalir. Tapi jika tidak ada pilihan lain, Anda bisa juga menggunakan air yang sudah ditampung. Anda juga bisa membersihakn tangan dengan hand sanitizer jika air tidak tersedia.

5. Bersihkan kuku

Kuku yang merupakan bagian kecil tubuh kita, sering kali kita abaikan kebersihannya. Padahal kuku adalah tempat yang berpotensi sebagai tempat kuman dan bakteri berbagai penyakit berkembang. Ketika mencuci tangan dengan sabun, Anda juga harus menjangkau bagian kuku, terutama jika Anda memiliki kuku yang panjang. Potonglah kuku secara rutin dan hindari kebiasaan menggigit kuku karena tidak baik untuk kesehatan dan bisa merusak kuku.

6. Mencuci kaki

Selain mencuci tangan, mencuci kaki juga tidak kalah penting untuk menjaga kebersihan diri. Penggunaan sepatu dan kaos kaki seharian bisa menimbulkan perkembangan bakteri di kaki yang menyebabkan bau kaki. Jangan lupa untuk secara rutin mencuci kaki terutama setelah membuka sepatu, sesaat setelah masuk rumah, atau ketika ingin tidur.

Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan alas kaki yang digunakan. Bakteri yang menumpuk pada alas kaki tertentu biasanya bisa menimbulkan bau kaki meskipun hanya digunakan sebentar. Jadi, bersihkanlah alas kaki Anda secara rutin.

7. Gunakan pakaian bersih

Kebersihan diri bukan hanya dipengaruhi oleh faktor tubuh yang sudah bersih, tetapi juga dari apa yang kita gunakan. Jika tubuh sudah bersih, namun masih menggunakan pakaian yang kotor, maka kesan yang terlihat tetaplah kesan kotor. Begitu juga sebaliknya. Jadi membersihkan diri dan menggunakan pakaian yang bersih memang harus dilakukan secara bersamaan.

Cara untuk menjaga pakaian tetap bersih adalah dengan mencucinya setiap setelah digunakan. Cuci lah pakaian Anda menggunakan detergen dan jemur di bawah sinar matahari agar bakteri dan kuman yang tersisa di pakaian akan mati. Pakaian yang kekurangan sinar matahari atau tidak kering dengan sempurna biasanya akan menimbulkan bau yang kurang sedap.

Jadi sudahkan Anda menjaga kebersihan diri dengan benar dan tepat? Sudahkah Anda merasa cukup bersih? Jika belum, mari mulai untuk menerapkan pola hidup bersih dari sekarang, karena pola hidup bersih merupakan bagian dari pola hidup sehat. Cara-cara untuk menjaga kebersihan diri di atas sama sekali tidak sulit dan manfaatnya sangat besar untuk tubuh Anda!

Jika kurangnya menjaga kebersihan diri tidak memberikan efek secara langsung pada kesehatan Anda, dapat dipastikan bahwa akan ada efek jangka panjang yang ditimbulkan. Bersih itu, dimulai dari diri sendiri!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi