Terbit: 24 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Setiap ibu hamil tentu menginginkan kehamilannya berjalan lancar. Salah satu cara menjaga agar kehamilan tetap sehat adalah dengan memerhatikan kenaikan berat badan. Terutama jika sebelum hamil tubuh Anda sudah tergolong gemuk. Lalu bagaimana cara yang aman untuk mengontrol berat badan selama kehamilan bagi ibu hamil yang memiliki berat badan lebih?

Tips Menjaga Berat Badan bagi Ibu Hamil yang Gemuk

Cara menjaga kehamilan sehat bagi ibu hamil yang tergolong gemuk

Saat hamil, penting untuk menjaga kenaikan berat badan ibu hamil. Kenaikan berat badan yang berlebih dapat memicu beberapa penyakit seperti diabetes dan preeklamsia.

Bagi ibu hamil yang bertubuh gemuk, tidak disarankan untuk melakukan diet ketat karena dapat mengganggu pertumbuhan janin. Dokter mungkin akan membatasi kenaikan berat badan Anda selama kehamilan, namun bukan berarti Anda harus memangkas makanan Anda dalam jumlah besar. Dilansir dari Baby Center, berikut ini tips yang bisa Anda coba untuk menjaga kenaikan berat badan agar tetap dalam batas normal:

1. Sarapan sehat
Sarapan sangat penting untuk sumber energi Anda setiap hari. Pilih menu sarapan yang mengandung protein, lemak, karbohidrat dan serat untuk menjaga Anda tetap kenyang.

2. Siapkan camilan sehat
Saat hamil Anda menjadi lebih mudah lapar, karena itua sediakan camilan sehat di antara jam makan berat untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Tambahkan protein dalam camilan Anda dan hindari makanan dengan zat pemanis tambahan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

3. Perbanyak buah dan sayur
Anda bisa menambahkan buah dan sayur pada menu makan Anda sehari-hari baik dalam camilan maupun makan berat. Jika Anda sulit makan sayur atau buah, siasati dengan makan dalam porsi kecil seperti memasukkan potongan apel atau timun dalam sandwich, tambahkan potongan buah kering ke dalam salad, dan sebagainya.

4. Rajin berolahraga
Olahraga bermanfaat untuk meningkatkan kelenturan otot dan juga membakar lemak berlebih dalam tubuh. Pilih olahraga yang aman bagi ibu hamil seperti berenang, jalan kaki dan yoga. Hal-hal kecil seperti memilih naik tangga daripada lift, jalan kaki ke pasar terdekat daripada naik kendaraan juga dapat membantu Anda membakar kalori.

Semoga kehamilan Anda sehat selalu ya Mom!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi