Terbit: 21 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sebagian besar orang percaya bahwa salah satu cara agar tetap sehat adalah dengan menjadi vegetarian. Vegetarian merupakan pola hidup yang tidak mengonsumsi segala jenis daging dan hanya mengonsumsi sayuran saja. Seperti yang kita tahu bahwa tubuh juga membutuhkan asupan protein yang terdapat di dalam daging. Namun, karena mereka tidak mengonsumsi daging, maka asupan protein tersebut digantikan dengan jenis makanan lain yang mengandung protein yang sama.

Beberapa Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Menjadi Vegetarian

Oleh sebab itu, menjadi vegetarian tidaklah mudah. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum menjadi seorang vegetarian. Berikut diantaranya:

1. Tingkatkan Asupan Yodium

Hal pertama yang harus diketahui saat ingin menjadi seorang vegetarian adalah tingkatkan asupan yodium. Sebab, saat menjadi vegetarian Anda mungkin akan kekurangan yodium yang merupakan nutrisi dari makhluk hewani. Untuk itu, tingkatkan asupan yodium Anda dengan mengonsumsi sayuran yang berasal dari laut. Atau mungkin Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi suplemen yang mengandung yodium.

2. Tetap Terhidrasi

Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup agar tubuh Anda terhindar dari masalah dehidrasi. Terlebih lagi ketika Anda menjadi vegetarian, maka Anda membutuhkan asupan cairan yang cukup, terutama air putih agar kondisi tubuh tetap sehat dan prima. Serta, bisa mencegah rasa lemas dan lapar secara berlebihan.

3. Tahan Godaan untuk Mengonsumsi Daging

Seperti yang Anda tahu bahwa daging memiliki rasa yang cukup lezat, apalagi saat diolah menjadi berbagai macam olahan yang menggugah selera. Dengan demikian, Anda mungkin akan tergoda untuk mencicipinya. Namun, Anda harus ingat, selama menjadi vegetarian Anda tidak boleh mengonsumsi daging sedikitpun. Cobalah atasi rasa keinginan Anda untuk mengonsumsi daging dengan cara fokus pada makanan yang dianjurkan untuk seorang vegetarian, yakni sayuran dan buah-buahan. Gantilah menu sayuran dan jenis buah-buahan yang akan dikonsumsi setiap harinya agar Anda tidak merasa bosan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi