6 Tips Meningkatkan Skill Futsal Dasar (Penggemar Futsal Wajib Baca)

tips-meningkatkan-skill-futsal-doktersehat

DokterSehat.Com – Sebagai salah satu olahraga yang paling digemari di Indonesia, futsal kerap dijadikan kegiatan rutin oleh banyak orang di sela-sela rutinitas sehari-hari, bahkan bagi mereka yang tidak berprofesi sebagai pemain sepak bola sekalipun. Apakah Anda termasuk salah satu yang gemar bermain futsal? Ingin meningkatkan skill futsal Anda? Simak informasi tips meningkatkan skill futsal dasar berikut ini.

Latihan Skill Futsal Dasar Penting untuk Permainan yang ‘Cantik’

Futsal adalah olahraga sepak bola versi mini, baik dari segi jumlah pemain (masing-masing tim terdiri dari 5 pemain) maupun ukuran lapangan (panjang 25-43 m dan lebar 15-25 m).

Futsal tidak melulu soal teori layaknya sepak bola. Itu sebabnya, permainan ini lebih fleksibel untuk dimainkan semua orang, termasuk non-atlet profesional. Lapangan futsal pun dapat kita temui dengan mudah di sudut-sudut kota.

Nah, perbedaan jumlah pemain dan kondisi lapangan ini lantas menuntut pemain untuk memiliki skill individu yang sedikit berbeda dari permainan sepak bola. Pemain futsal harus menguasai sejumlah teknik permainan futsal agar dapat bermain dengan ‘cantik’ untuk mengelabui lawan dan mencetak gol.

6 Tips Meningkatkan Skill Futsal Dasar

Bintang futsal dunia asal Brasil, Falcao, pernah mengatakan bahwa pada dasarnya, kunci utama dari permainan bola futsal terdiri dari skill atau kemampuan dasar berupa menggiring, mengontrol, mengoper, bergerak, dan menembak (shooting). Lantas, bagaimana cara meningkatkan skill futsal dasar tersebut?

1. Menggiring Bola

Skill futsal dasar yang harus dikuasai dan terus ditingkatkan adalah menggiring bola. Futsal atau sepak bola adalah olahraga yang menuntut kekuatan dan kelincahan kaki para pemainnya saat menggiring bola untuk mengecoh lawan. Namun, ada perbedaan mengenai teknik menggiring (dribbling) bola antara futsal dan sepak bola lapangan besar.

Ada beberapa teknik dribbling yang harus Anda kuasai agar dapat bermain futsal dengan baik, yaitu:

  • Dribbling menggunakan sisi kaki bagian dalam

Saat berhadapan 1 lawan 1 dengan lawan, pemain futsal bisas menggunakan kaki kanan bagian dalam untuk menggeser bola ke arah kiri dan melewati lawan, begitupun arah sebaliknya.

Skill futsal ini tentunya harus dilakukan dengan cepat dan terukur agar lawan tidak sempat untuk merebut bola.

  • Dribbling menggunakan kaki bagian luar

Dribbling atau menggiring bola juga bisa menggunakan sisi luar dari kaki pemain. Saat pemain menggunakan kaki kiri bagian luar, maka ia bisa mengecoh pemain lawan dengan mlewatinya dari sisi kanan badan pemain lawan. Gerakan ini harus dilakukan dengan ceapt, terukur, dan penuh keseimbangan.

Selain dua teknik tersebut, menggiring bola yang baik dan benar juga harus memerhatikan sejumlah hal berikut ini:

  • Tubuh harus tetap seimbang
  • Fokus terhadap bola
  • Menjaga jarak dengan lawan
  • Sesekali gunakan telapak kaki untuk menahan bola selama beberapa saat sebelum menggiringnya lagi melewati lawan
  • Selalu dalam keadaan siap untuk beradu dengan lawan saat mempertahankan bola

Perlu diingat juga, Menggiring bola dalam futsal tidak dianjurkan untuk dilakukan terlalu sering. Kondisi lapangan yang terbatas lebih menuntut kerjasama antar tim.

Bisa kita lihat, para atlet futsal profesional lebih banyak mengoper bola ke rekan-rekannya ketimbang menggiring bola terus-menerus sampai ke gawang lawan.

2. Kontrol Bola

Kontrol bola adalah skill futsal dasar yang wajib Anda kuasai dengan baik. Controlling ini penting saat Anda menerima umpan dari rekan satu tim, atau sesaat setelah berhasil merebut bola dari lawan.

Mengontrol bola menuntut kelincahan, kelenturan, dan kekuatan kaki Anda. Gunakan kaki bagian dalam, bagian luar, dan telapak kaki saat menahan bola. Selain itu, penting juga untuk memiliki intuisi yang tajam terhadap arah gerakan bola yang masih berada di kaki lawan. Dengan begitu, Anda jadi tahu harus bergerak kemana untuk merebut bola hingga berada di bawah kontrol Anda.

Secara garis besar, cara meningkatkan skill dasar futsal mengontrol bola yaitu:

  • Mata selalu fokus terhadap pergerakan bola
  • Jaga keseimbangan
  • Biasakan untuk menggunakn telapak kaki saat menngotrol bola

3. Mengoper Bola

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, permainan bola futsal lebih mengedepankan kerjasama tim ketimbang skill individu. Oleh sebab itu, teknik mengoper bola menjadi penting. Sekali lagi, karena ukuran lapangan yang terbatas, cara mengoper bola dalam futsal harus benar-benar akurat agar bola dapat diterima dengan baik oleh rekan satu tim.

Cara meningkatkan skill futsal dasar berupa oper bola, hendaknya pemain memaksimalkan seluruh bagian kaki, yakni kaki bagian dalam, bagian luar, ujung kaki, dan punggung kaki. Tetapi, para pemain futsal profesional lebih sering menggunakan kaki bagian dalam karena lebih efektif ketimbang bagian kaki lainnya.

4. Bola Lambung

Teknik bola lambung atau chipping adalah skill futsal dasar yang tak kalah wajibnya untuk dikuasai. Chipping dilakukan dengan cara ‘mencongkel’ bola menggunakan ujung sepatu sehingga bola melambung ke atas dan bisa melewati pemain lawan, tak terkecuali penjaga gawang.

Tak hanya untuk mengelabui lawan, chipping juga bisa untuk memberikan umpan kepada rekan satu tim. Luas lapangan yang terbatas memerlukan akurasi tinggi bagi seorang pemain ketika memberikan umpan melalui teknik chipping ini.

Tips untuk meningkatkan skill bola lambung adalah:

  • Posisi kaki berada di samping bola
  • Ayunkan kaki dari belakang ke depan hingga mengenai bola
  • Gunakan ujung sepatu untuk mencongkel bagian bawah bola
  • Saat bola mulai terangkat, kaki tetap mengikuti sampai bola benar-benar bisa dilepas

Baca Juga: 6 Teknik Dasar Sepak Bola untuk Melatih Kelincahan

5. Menembak Bola

Tujuan bermain futsal adalah untuk memasukkan bola ke gawang lawan. Untuk itu, skill menembak (shooting) harus bisa dikuasai dengan baik agar pemain, terutama striker, bisa mencetak gol dengan mudah.

Shooting yang baik adalah tendangan yang keras, terukur, dan terarah ke area yang sulit dijangkau oleh penjaga gawang (keeper). Pada saat melakukan shooting, pemain bisa menggunakan kaki bagian dalam dan bagian luar, punggung kaki, dan ujung kaki untuk menghasilkan tendangan yang kencang dan lurus.

Selain stamina kaki, hal terpenting yang perlu dimiliki oleh pemain futsal saat hendak melakukan tembakan adalah rasa percaya diri. Bagaimana ingin menghasilkan tendangan yang akurat kalau kitanya saja ragu? Saat Anda sudah berada di radius 10 meter dari gawang, beranikan diri untuk melakukan tendangan ke arah gawang.

Saran lain, agar bola tidak terlalu melambung, sebaiknya tendang bagian tengah bola. Selain itu, usahakan posisi badan tidak terlalu mengadah, juga tidak terlalu membungkuk.

6. Menyundul Bola

Kendati jarang digunakan, bukan  berarti Anda mengabaikan teknik futsal yang satu ini, lho. Menyundul bola adalah teknik yang tetap harus dikuasai oleh setiap pemain futsal guna menunjang performanya di lapangan. Ini untuk mengantisipasi jika dalam pertandingan, ada umpan-umpan lambung yang diberikan oleh rekan.

Berikut tips meningkatkan skill futsal dasar menyundul bola yang harus Anda pahami:

  • Menyundul bola menggunakan dahi, alih-alih bagian atas kepala
  • Mata harus fokus agar bola benar-benar mengenai dahi
  • Kencangkan otot leher dan rapatkan gigi saat menyundul guna menghasilkan sundulan yang kuat dan akurat

Selain skill futsal dasar, beberapa hal yang perlu diperhatikan setiap pemain agar menghasilkan permainan yang ‘cantik’ yaitu:

1. Komunikasi

Skill individu yang mumpuni akan percuma jika dalam tim tidak tercipta komunikasi yang baik antar pemain. Apalagi, permainan bola futsal sangat mengedepankan kerjasama tim. Jaga komunikasi dengan rekan satu tim tetap lancar selama pertandingan. Jangan ragu untuk mengingatkan satu sama lain manakala sedang bertahan, menyerang, hingga ketika meminta umpan.

Tak hanya saat pertandingan, sebelum dan sesudah pertandingan pun setiap pemain dan pelatih harus berdiskusi untuk menentukan strategi dan evaluasi permainan. Komunikasi yang baik akan menghasilkan tim futsal yang solid dan bermental juara.

2. Memahami Tempo Permainan

Futsal adalah olahraga yang menuntut pergerakan cepat dari kaki pemain ke kaki pemain lainnya. Ini menjadikan kita menjadi cepat letih saat bermain permainan futsal oleh karena pergerakan yang terlalu cepat tersebut. Bagi Anda yang baru saja menggeluti olahraga futsal, ada baiknya untuk bermain tidak terlalu lama di awal-awal, misalnya hanya 5-10 menit.

Biarkan tubuh beradaptasi terlebih dahulu. Setelah terbiasa, barulah Anda bisa menambah durasi permainan.

3. Disiplin dan Konsisten

Tips meningkatkan skill futsal dasar, perlu latihan yang tentunya tidak sebentar. Latihan pun juga harus ditunjang dengan kedisiplinan dan konsistensi. Tanpa keduanya, mustahil bagi seorang pemain futsal untuk dapat mengembangkan kemampuannya dalam mengolah si kulit bundar. Jadi, jangan sampai malas latihan jika ingin menjadi pemain futsal yang handal, ya!

4. Menjaga Stamina

Setiap pemain futsal mutlak untuk memiliki stamina yang prima. Guna menghasilkan stamina tubuh yang senantiasa baik, maka Anda perlu melakukan latihan berkelanjutan, yang kemudian diiringi juga oleh pola hidup sehat, seperti makan-makanan bergizi, istirahat yang cukup, dan sebisa mungkin menghindari rokok, alkohol, juga obat-obatan terlarang.

Nah, itu dia informasi seputar tips meningkatkan skill futsal dasar. Jadi, sudah siap untuk menjadi pemain futsal yang handal? Semoga bermanfaat!